Realisasi Penerimaan Pajak Hotel di Manado Rp11,7 Miliar

0
42
Aplikasi kamar hotel

MANADO, bisniswisata.co.id: Realisasi penerimaan pajak hotel di Kota Manado mencapai Rp11,73 miliar periode Januari hingga April tahun 2018. Realisasi pajak hotel tersebut mencapai 47,9 persen dari target induk tahun ini sebesar Rp24,5 miliar,.

“Pencapaian itu seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Manado, sehingga berdampak pada pendapatan pajak hotel,” lontar Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Manado, Harke Tulenan, melalui Kepala Bidang Pembukuan dan Pelaporan, Esther Mamarimbing, di Manado, kemarin

Dia menyebutkan, secara rinci pada Januari lalu, PAD dari pajak hotel terealisasi sebesar Rp3,32 miliar, kemudian Februari sebesar Rp2,54 miliar, Maret Rp2,96 miliar dan April sebesar Rp2,89 miliar. “Dengan realisasi dalam empat bulan yang sudah mencapai 47,90 persen, pihaknya optimis pendapatan daerah akan terus naik dan itu menunjukan tren perekonomian yang membaik,” tandasnya serius.

Pajak hotel, sambung dia, memang menjadi primadona pendapatan daerah selama ini, karena selalu menyumbangkan PAD di atas target setiap tahunnya. “Bahkan pada saat target dinaikkan, pada perubahan APBD, pajak hotel selalu bisa dicapai, dan itu disebabkan oleh perkembangan pariwisata di Manado yang membaik dalam beberapa tahun terakhir,” kata Esther.

Secara luas capaian PAD dari sektor pajak hotel terus membaik, karena tingginya angka kunjungan wisata di Manado dalam beberapa tahun terakhir. “Semenjak dibukanya penerbangan langsung Manado Tiongkok kunjungan wisatawan ke sini tinggi, apalagi jika ditambah penerbangan langsung dari dan ke Korea resmi dibuka pasti akan makin meningkatkan PAD, bukan hanya dari perhotelan tetapi juga dari sektor lainnya,” katanya.

Selain itu, katanya, cara yang paling ampuh yang digunakan oleh Pemerintah Manado melalui badan pengelola pajak, adalah dengan melakukan sosialisasi kepada para pengusaha supaya lebih sadar akan kewajibannya membayar pajak. “Kami terus mengingatkan pengusaha agar membayar pajak, karena akan digunakan untuk membangun Kota Manado yang tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat juga,” katanya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY