Ratusan Wisatawan Australia Gagal Terbang ke Bali

0
371
Gunung Raung Meletus

KUTA, test.test.bisniswisata.co.id: Dua maskapai penerbangan Australia membatalkan rute penerbangan dari Denpasar, Bali, menuju sejumlah kota di negara itu, hari ini (5/8). Alasan pembatalan adalah kekhawatiran akan sebaran abu vulkanik Gunung Raung. Akibat pembatalan penerbangan itu, ratusan calon penumpang dua maskapai itu gagal berangkat berwisata ke Pulau Dewata.

Kedua maskapai penerbangan ,yakni Jetstar sebanyak empat jadwal penerbangan dari Denpasar menuju Melbourne, Perth, Adelaide, dan Singapura. Danm maskapai Virgin Australia membatalkan 10 jadwal penerbangan yakni rute dari Brisbane, Sydney, Melbourne, Adelaide dan Perth ke Denpasar dan rute dari Denpasar menuju Sydney, Melbourne, Adelaide, Perth dan Brisbane.

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Trikora Harjo di Kuta, Kabupaten Badung, Rabu (05/08/2015) menjelaskan meski terjadi pembatalan jadwal penerbangan dari dua maskapai penerbangan Australia itu namun operasional bandara masih tetap normal. “Sampai saat ini bandara masih tetap beroperasi seperti biasa,” katanya seperti dikutip laman Antara.

Pihak operator bandara sendiri tidak mengeluarkan “Notice to Airmen” (Notam) atau peringatan kepada personel penerbangan di seluruh dunia karena pembatalan bukan karena penutupan bandara melainkan keputusan maskapai tersebut.

Sejak beberapa bulan terakhir aktivitas vulkanik gunung tertinggi kedua di Jawa Timur itu secara terus menerus meningkat. Saat ini abu vulkanik Gunung Raung mengarah ke selatan dan barat daya sehingga menyebabkan dua bandara di Jawa Timur yakni di Banyuwangi dan Jember ditutup untuk sementara.

Beberapa waktu lalu, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, juga sempat mengalami buka tutup penerbangan sehingga mengakibatkan 277 penerbangan domestik dan internasional terganggu. Akibatnya, lebih dari 75 ribu calon penumpang yang hendak berangkat gagal terbang. (*)

LEAVE A REPLY