Ramadhan Express Di 8 Kota Dorong UMKM Jualan Online

0
94

JAKARTA, bisniswisata.co.id:
Ramadhan Express akan digelar di 8 kota di Indonesia sebagai upaya dari *Gerakan Ayo UMKM Jualan Online*,  untuk mengoptimalisasi upaya memfasilitasi UMKM mendapatkan pasar online, terutama di bulan Ramadhan.

“Bulan Ramadhan  menjadi puncak konsumsi dan transaksi pemesanan dan pembelian tertinggi dalam satu tahun di masyarakat Indonesia. Oleh karena itu  Kominfo bersama para Marketplace dan Kementrian Koperasi UMKM menginisiasi kegiatan Ramadhan Express,” kata Lis Sutjiati, Staf Khusus Menkominfo bidang Program Prioritas dan Ekonomi Digital, hari ini.

Kegiatan ini untuk menjaring UMKM yang memproduksi barang yang banyak dibutuhkan masyarakat di bulan Ramadhan untuk berjualan online. Tujuannya untuk membuka kesempatan bisnis bagi para UMKM untuk meraih berkah Ramadhan yang melimpah, tambahnya.

Menurut Lis, program di laksanakan di 8 kota dalam rentang waktu 2 minggu  yaitu mulai 29 Mei 2018 – 12 Juni 2018 dengan jenis produk seperti busana Muslim Wanita (gamish dll) , Pria dan Anak2, Peralatan Ibadah, Peralatan Pembuatan Kue, Sepatu/Sandal, Kue Kering, Kue daerah dan lainnya

“Kegiatan ini antara lain didukung Siber Kreasi, Relawan TIK, Pasar Jaya, Shopee, Blibli, Bukalapak, Tokopedia, Blanja.com dan Grab Food dan dilaksanakan di pasar dan juga sentra-sentra UMKM,” kata Lis Sutjiati.

Ramadhan Express  dengan slogan Ayo Cepat Jualan Online Yuk memang mendorong pelaku UMKM untuk buka toko online gratis. Syaratnya datang ke acara Kopdar UMKM Berkah Ramadhan dengan memperlihatkan 5 foto produk jualannya di HP.  Acara diadakan di Jakarta, Surabaya, Tasikmalaya, Solo, Makasar, Bandung, Padang dan Samarinda.

Untuk Jakarta kegiatan berlangsung di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur dan Pasar Majestik, Jakarta Selatan masing-masing pelaksanaannya pada 30 Mei. Sementara di Surabaya pelaksanaannya di Gedung BI pada 2 Juni dan di Pasar Atom 3 Juni 2018.

“Meski tanggal pelaksanaan di tiap kota berbeda namun waktunya semua sama dari jam 14.00- 18.00. Di Tasikmalaya, pelaksanaannya masing-masing di Sentra bordir Kec Kawalu pada 2 Juni dan di Sentra Kerajinan Rajapolah dan Indihiyang pada 3 Juni 2018, jelas Lis Sutjiati

Untuk UMKM di kota Solo maka kopdar Ramadhan Express ini berlangsung di Kampung Batik Kauman pada 4 Juni. Pada hari yang sama juga berlangsung di Sentra sutra Sengkang, Makasar.

Kegiatan pada 5 Juni berlangsung di Kampung Amplang, Samarinda dan esoknya ( 6 Juni) di Pasar Citra Niaga, Samarinda. Untuk Bandung, pelaksanaan di Sentra Sepatu Cibaduyut pada 5 Juni 2018. Sedangkan di Padang pada 5 Juni kopdar berlangsung di Pasar Raya Padang dan 6 Juni di Sentra Bordir Padangpanjang, Padang.

“Target jegiatan Ramadhan Express memiliki target meng’online’kan UMKM yang berada di 14 sentra bisnis yang menjual, membuat “top 15 hal yang paling banyak dicari/digunakan di bulan Ramadhan” yang mengakomodir  sekitar 18 ribu UMKM,” ungkap Lis

Pendekatan ‘menjemput bola’ dimana tim akan mendatangi tempat para UMKM melakukan kegiatan usahanya. Di setiap titik, kegiatan akan dimulai dengan acara berbagi pengalaman dari artis atau pengusaha yang bisnis UMKM nya sukses karena berjualan online.

Secara paralel, para sukarelawan akan melakukan ‘sweeping’ ke kios-kios untuk membantu para UMKM melakukan registrasi di market place dan mulai berjualan online.

Kegiatan ini juga melibatkan para relawan TIK yang merupakan pelajar SMK dan mahasiswa di 8 kota tempat kegiatan berlangsung. Pihaknya berharap sasaran target tercapai sehingga membuka pasar baru dan mendorong UMKM terutama mikro untuk ‘ naik kelas’, tegasnya

LEAVE A REPLY