Ramadhan, Baju Koko Black Panther Makin Ngetrend

0
168
Baju koko Black Panther

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Ramadhan tahun ini, muncul trend baru baju muslim pria yang lazim disebut baju koko. Trend itu baju koko black panther. Baju koko black panther ini, terinspirasi kostum dikenakan oleh Tchalla (Chadwick Boseman), Raja Wakanda dalam film Black Panther yang dirilis pada Februari 2018 lalu di Indonesia, sempat menjadi box office dipenjuru dunia.

Pecinta film black panther pun mulai banyak mencari baju koko dengan model yang dipakai sang bintang film utama. Sayangnya, belum banyak penjual baju koko yang menyediakan baju koko black panther. Contohnya di lantai dasar Pasar Jatinegara, Jakarta Timur.

Menurut salah satu penjual baju koko black panther, hal ini karena tidak semua orang tau tentang baju koko tersebut. “Belum semua orang tau ada baju koko black panther. Kalau yang tau mah biasanya nyari dan beli, kalau ga tau paling nanya ini baju koko apa,” ujar Ima, salah satu penjual baju koko black panther di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, pada Jumat (25/5/2018).

Dilanjutkan, untuk baju black panther yang dijual di tokonya, ada dua model, yaitu yang berlengan panjang dan lengan pendek. Harganya pun cukup terjangkau. Untuk baju koko black panther lengan panjang dihargai senila Rp. 150.000, sedangkan yang lengan pendek dihargai senilai Rp. 145.000.

Ia mengaku penjualan baju koko black panther cukup menaikan omset penjualan. Meskipun baru seminggu menjadi barang baru di tokonya, namun baju koko ini sudah lumayan banyak terjual.

Selain Ima, ada pula Ali penjual baju koko black panther. Bedanya, toko tempatnya berjualan tidak menjual baju tersebut secara eceran, melainkan secara grosir. Di mana minimal pembelian harus enam baju koko dengan beragam ukuran, warnanya pun bervariasi.

Ia menjelaskan, satu ikat baju koko black panther terdiri dari satu ukuran S, dua ukuran M, dua ukuran L dan satu ukuran XL. Sedangkan untuk warna ada hitam, abu-abu, cokelat tua dan cokelat muda. Ia mengaku tokonya belum lama menjual baju koko black panther.

“Baru sekitar dua mingguan, di sini juga masih jarang yang jual ini (baju koko black panther). Biasanya yang beli kan minimal seikat, tapi pernah juga ada yang beli sampai sekarung gitu,” pungkas Ali.

Di tempat terpisah, Ina Binandari, head of fashion design berpendapat wajar jika pakaian itu banyak digunakan atau menjadi populer saat bulan Ramadan dan menjelang Lebaran. Motif bordir yang muncul dalam pakaian yang dikenakan oleh karakter TChalla dalam film Black Panther itu, menurut Ina, memang mirip dengan motif bordir yang sering muncul dalam baju koko.

“Istilahnya bordir seperti itu hanya untuk festive-lah ya, acara perayaan, kalau (gaya) bordir-bordir penuh seperti itu,” kata Ina seperti dilansir laman BBC,

Baju koko sendiri merupakan sebuah bentuk adopsi tersendiri dari baju terusan Nehru dengan kerah gaya mandarin. “Kerah baju Nehru kan seperti baju koko, tapi kalau di istilah mode, kerah seperti itu namanya mandarin collar, makanya dibilang (baju) ‘koko’ karena dari ‘kakak’ dalam bahasa Tionghoa karena bajunya berkerah mandarin,” kata Ina.

Penggunaan Black Panther sebagai inspirasi pun, menurut Ina, sebenarnya tak terhindarkan, mengingat produsen pembuat baju koko selama ini memang sering mencari ide dari tontonan atau model pakaian yang sering dipakai oleh bintang populer di sinetron yang diputar di televisi. “Muncullah si Black Panther ini, yang kalau dilihat-lihat, memang pas gayanya buat baju koko,” kata Ina.

Dalam pengamatannya, baju koko yang kebanyakan sudah ada di pasaran dan ditujukan oleh kalangan menengah memang sering menampilkan gaya bordir, sehingga saat memasarkannya, mereka memirip-miripkannya dengan Black Panther.
Namun, dia juga melihat ada produsen yang memang berusaha meniru atau setidaknya memiripkan baju koko yang mereka buat dengan kostum TChalla di film tersebut.

Selain ngetrend di pertokoan, baju koko Black Panther juga banyak disampaikan oleh warganet.

I Bet this year Ramadhan and Idul Fitri my feed gonna explode with “jual baju koko Black Panther” #BlackPanther #marvel pic.twitter.com/o6Nrsegek5 — Diandra Fanany (@Masbro_Diandro).

Kalo ada yang jual gue mau beli. Bisa cosplay gapake ribet tiap hari jumat. pic.twitter.com/jZjBVIMsBi — Iqbal Hariadi (@iqbalhape) 7

Marhaban yaa baju koko Black panther. — alvian restu (@alvianrestu_) 16 Mei 2018

Baju koko tersebut, sudah dilaporkan oleh warganet saat beribadah tarawih, bahkan ada yang menyatakan sudah kehabisan di toko-toko sehingga banyak yang berusaha mencari secara online.

Chadwick Boseman at the Oscar, still not moved on from his baju koko Tanah Abang style, he must be very into his role as Black Panther lol pic.twitter.com/WFs7anL34w — Hana Shahab (@HanaShahab) 5 Maret 2018

Tadi pas taraweh ada bapak2 pake baju koko nya T’challa Black Panther. Ku curiga perumnas nikan sudah berubah jadi desa Wakanda 😕 — Khairun (@KhairunnisyahHS) 19 Mei 2018

Waduh di masjid ada mas-mas pake baju koko Black panther — Riwandi (@riwandi96) 19 Mei 2018. (ndy)

LEAVE A REPLY