Rajatani Fresh Market Tempat Wisata Belanja Dan Temukan Buah Langka

0
361

Anne Sri Arti, pengusaha peduli nasib petani

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Mau berwisata ke kebun buah tapi belum terlaksana ?. Langkahkan kaki ke toko buah Rajatani di kawasan jalan Radar Auri , Cibubur dimana pengunjung bisa mendapatkan buah-buahan, sayur, minuman herbal bahkan buah langka Indonesia.

Pesta Durian Monthong lokal Rajatani bisa dinikmati di toko buah modern ini.  Pengelola menyediakan meja besar dan bangku kayu untuk menikmati buah-buahan lokal bersama keluarga maupun teman dengan keseruan yang tak kunjung habis.

Inilah saatnya menikmati wisata dengan menikmati buah-buah langka yang juga tersedia di toko ini selain durian dengan kualitas rasa yang optimal dan pastinya tidak mengecewakan.

Menikmati durian Monthong di Rajatani

Rajatani Fresh Market ini memang baru soft opening 3  Febuari ini namun pengunjungnya tak pernah sepi. Nuansa kayu dalam toko langsung menyita perhatian pengunjung begitu masuk dalam ruangan.

Rak kayu berjejer dan buah-buahan di tata dalam box rotan dengan warna senada sehingga memberikan perpaduan warna yang indah dari kuningnya kulit pisang, hijaunya kulit alpukat atau merah cerah strawberry yang memanjakan mata dengan keindahan warna alami.

Buah segar yang mendominasi ruangan toko adakah berkat konsep toko Rajatani yang memudahkan petani untuk memasok secara langsung ke toko. Oleh karena dikirim langsung dari petani tanpa mengendap dulu di pengepul maka mendapatkan buah segar memang menjadi jaminan.

Adalah Anne Sri Arti, CEO PT Rajatani Agro Nusantara yang menginginkan agar masyarakat bisa mendapatkan buah maupun sayuran  segar dengan harga terjangkau, sementara para petani  dapat menjual hasil panennya di toko modern dengan mudah.

Petani bisa menjual dengan harga proporsional dan tentunya harga yang diterima konsumen juga terjangkau dengan kualitas buah yang lebih segar. Apalagi  suhu ruangan mendukung untuk kenyamanan pengunjung maupun untuk menjaga kesegaran komoditas yang ada.

“Rajatani Fresh Market ini kami dirikan untuk menjembatani  para petani dengan konsumen. Kami ingin petani  di Indonesia menjadi Raja di negerinya sendiri. Mereka bisa memasok ke toko buah modern tanpa harus terbeban biaya-biaya “ kata Anne Sri Arti.

Bukan rahasia lagi petani di Indonesia tidak memiliki kepastian pasar bahkan tidak memiliki kepastian sistem pembayaran pula. Kalaupun bisa menembus toko-toko buah segar besar maka para petani yang menjadi suplier toko buah modern kerap dibebani biaya.

“ Toko buah modern ada yang  membebani suplier dengan rabbat dan biaya  administrasi lainnya bahkan biaya renovasi toko, biaya pembukaan outlet baru juga  dibebankan pada suplier.  Selain itu petani buah sebagai suplier baru bisa menerima pembayarannya dalam kurun 30 –  45 hari kerja “ kata Anne.

Bertekad memberikan kepastian pasar serta kepastian jaminan pembayaran kepada petani dan memberikan kepastian harga yang  proporsional pula untuk konsumen,  maka Anne semangat agar tahun ini akan dibuka sedikitnya 20 toko buah Rajatani Fresh Market di Jakarta.

“Sebanyak 10 toko adalah milik Rajatani dan 10 lainnya sistem franchaise sehingga akan semakin banyak panen buah petani bisa kami tampung dan konsumen juga punya banyak pilihan,” jelas Anne.

Kehadiran Rajatani Fresh Market diikuti dengan sejumlah pelayanan seperti on farm, suplier, consulting, herbal, florist, disamping menjadi toko buah segar yang menawarkan   minuman segar (Juice)  dan buah potong untuk mempercepat proses penjualan.

Penataan buah di rak kayu

PT Rajatani Agro Nusantara selain menampung produk petani juga punya ladang pertanian sendiri, menjadi suplier buah untuk kebutuhan catering pabrik-pabrik besar dengan ribuan karyawan, memiliki diversifikasi usaha herbal seperti minuman jahe, kencur dan lainnya untuk kesehatan tubuh dalam kemasan siap ekspor.

Pihaknya juga melayani bunga segar, bunga potong, rangkaian bunga untuk kegiatan perkawinan maupun event MICE maupun rangkaian bunga untuk berbagai acara termasuk perayaan ulangtahun, hari Valentine dan hari Imlek mendatang.

“Pokoknya kami buat konsep toko yang nyaman sehingga konsumen jika hanya mau membeli 1-2 butir buah juga datang ke Rajatani. Jika ada toko yang mudah dijangkau,  bersih dan harga yang baik pasti akan banyak sekali menyerap pelanggan-pelanggan baru,” kata Anne.

Jeli membaca keinginan pasar dengan mendatangkan produk buah yang memang disukai masyarakat sekitar sehingga menarik pelanggan baru. Dia juga mensiasati dengan mendatangkan sedikit produk yang  memang hanya sebagai pelengkap saja.

Sejauh ini, kata Anne, tanggapan masyarakat sangat luar biasa, terbukti dari ramainya toko Rajatani dan banyaknya pelanggan yang datang kembali. Pasokan buah langsung dari petani juga lancar.

Pengunjung datang dari berbagai instansi dan perkantoran

Berbisnis dan melestarikan buah-buah langka juga menjadi misi Rajatani. “Buah langka memang tidak selalu ada karena mereka hanya panen sekali dalam setahun tapi kami berkomitmen untuk menyediakannya saat musimnya tiba dan hal ini akan menjadi daya tarik dan jadi edisi spesialnya Rajatani di bulan tertentu,” ungkapnya.

Sedikitnya ada 15 macam buah langka yang telah di budidayakan lagi dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti buah salak gading organik, buah Elai, buah Kapul, buah Keledang, buah Maritam, buah Ihau, buah Duren Merah.

Ada lagi buah belimbing hutan, buah Ceriat, buah asam putar, buah Ketupan/ Rambai, buah Kalawit, buah Langir atau disebut buah Merbuan yang unik karena bentuk dan kulit mirip buah Kecapi tapi dagingnya mirip duku serta buah lainnya adalah Kelubi dan buah Salak Hutan.

“Salak gading warnanya memang kuning gading , rasanya agak sepet tapi menjadi makanan bangsawan tempo dulu karena manfaatnya bisa atasi diare, asam urat, lambung dan diabetes,” ungkap Anbe Sri Arti.

Buah-buahan lainnya yang memiliki kandungan gizi tinggi adalah buah Elai yang mirip durian tapi tidak mengandung kolestrol dan rendah kandungan alkoholnya. Buah Elai memiliki kandungan tryptophan yang tinggi untuk mempengaruhi mood dalam pikiran, memperlancar BAB, untuk kesehatan kulit, mengoptimalkan vitalitas pria dan produktivitas kerja.

“ Tidak selalu buah langka ini tersedia di Rajatani Fresh Market karena tergantung musim berbuahnya tapi kami melengkapi dengan poster buah langka berikut keterangannya,” tambahnya.

Dengan demikian Rajatani Fresh Market, kafa Anne, bukan sekedar memanjakan lidah dengan sayur dan buah-buah segarnya tetapi juga dengan beragam pengetahuan. Itulah sebabnya banyak nilai lebih jika mengunjunginya. Nah tunggu apalagi ?.

 

LEAVE A REPLY