Rafflesia Bisa Jadi Andalan Ekowisata

0
657

BENGKULU, test.test.bisniswisata.co.id: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai keberadaan hutan yang menjadi habitat asli dua bunga langka rafflesia spp dan amorphophallus spp bisa dijadikan sebagai objek ekowisata. Salah satu lokasi habitat alami Rafflesia dan Amorphophallus yang memiliki potensi ekowisata adalah Hutan Lindung Boven Lais di Kabupaten Bengkulu Utara.

“Kami sudah melihat langsung lokasi itu dan banyak sekali knop atau bonggol calon bunga rafflesia. Habitat flora langka di kawasan itu masih bagus. Tidak hanya menyimpan bunga Rafflesia spp, di lokasi itu juga ditemukan lebih dari satu jenis Amorphophallus,” papar Kepala Kebun Raya Bogor, LIPI, Didiek Widyatomoko di Bengkulu, Kamis (17/9),

Dilanjutkan, kekayaan keanekaragaman hayati di Hutan Lindung (HL) Boven Lais menunjukkan pentingnya penjagaan dan pemeliharaan untuk dikembangkan menjadi ekowisata andalan Bengkulu. Pemerintah Provinsi perlu mengembangkan kawasan itu dengan melibatkan berbagai pihak terkait sehingga alamnya tetap terjaga dan bisa dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sektor pariwisata menurut Didiek merupakan salah satu industri yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama yang berada di sekitar kawasan wisata. Diyakini keberadaan HL Boven Lais sebagai habitat alami bunga Rafflesia dan Amorphophallus dapat menarik minat para peneliti dan wisatawan untuk berkunjung ke lokasi itu.

Apalagi akses ke dalam kawasan sudah ada, sebab lokasi itu memang menjadi salah satu objek wisata air terjun di Bengkulu. “Hanya perlu memperbaiki yang sudah ada dan menjaga bunga yang menjadi ikon Bengkulu yaitu Rafflesia dan Amorphophallus,” katanya seperti dikutip laman Antaranews.

Dicontohkan para peneliti yang mengikuti simposium internasional Rafflesia dan Amorphophallus yang berlangsung di Kota Bengkulu pada 14 September hingga 16 September 2015.
Para peneliti dari delapan negara itu terlihat sangat tertarik dengan keanekaragaman hayati di hutan lindung yang kondisi hutannya masih baik itu.

Hutan Bengkulu masih menyimpan empat jenis bunga Rafflesia yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia gadutensis dan Rafflesia hasselti. Sedangkan jenis Amorphophallus terdapat jenis Amorphophallus gigas, Amorphophallus titanum, Amorphophallus variabilis dan Amorphophallus paeonifolius. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY