Radar Belanda Bermasalah, Jadwal Penerbangan Eropa Berantakan

0
274
Radar pemantu penerbangan (Foto: http://www.konfrontasi.com)

AMSTERDAM, bisniswisata.co.id: Lebih dari 50 penerbangan dari dan menuju Amsterdam dibatalkan dan ratusan jadwal lainnya tertunda. Hal ini karena kegagalan sistem kendali lalu-lintas udara akibat kesalahan pada radar.

Melansir Independent, perangkat lunak yang berfungsi membandingkan dan menilai informasi dari radar primer dan sekunder Bandara Schipol Amsterdam mengalami kerusakan sistem. Akibatnya, salah satu dari lima bandara tersibuk di Eropa tersebut harus mengatur ulang jadwal pendaratan dan penerbangan.

Kesalahan sistem ini membawa dampak serius mengingat bandara ini biasanya menangani 160 ribu penumpang setiap harinya. Lembaga Eurocontrol mengatakan upaya perbaikan dengan cara tradisional berupa mematikan alat dan menyalakannya kembali sudah tidak berguna. Kekacauan itu tetap bertahan hingga tujuh jam setelah pertama kali kesalahan sistem diketahui.

Beberapa maskapai mengalami keterlambatan penerbangan. Misalnya maskapai Belanda, KLM. Maskapai tersebut mengalami banyak penundaan dan puluhan pembatalan penerbangan. Pihak maskapai memberikan alasan pembatalan tersebut dikarenakan masalah teknis.

Jadwal penerbangan lainnya dari Bristol, Cardiff, Durham Tees Valley, Edinburgh, Glasgow, Heathrow, Humberside, Bradford, dan London terlambat hingga tiga jam. Sebagai konsekuensi kekacauan tersebut, pihak maskapai menanggung konsumsi dan akomodasi para penumpang hingga sampai ke tujuan mereka. Bahkan maskapai juga mencari jadwal penerbangan ke ‘saingan’ mereka.

Namun ganti rugi berupa uang tunai tidak dapat dilakukan dengan alasan di luar peraturan perusahaan. Maskapai lainnya yang mengalami kerugian akibat gagal sistem adalah British Airways. Maskapai Inggris ini mengalami delapan pembatalan penerbangan dari dan menuju London, Heathrow, dan Gatwick.

“Seluruh maskapai telah diminta oleh Bandara Schiphol untuk mengurangi pelayanan setelah masalah teknis dengan radar mereka hari ini,” kata juru bicara British Airways.

“Kami menjadwalkan pesawat lebih besar dari dan menuju Amsterdam untuk mengupayakan pelanggan kami sampai secepat mungkin.” sambungnya. (*/NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.