Qatar-Indonesia Sepakat Perkuat Kerjasama Pariwisata

0
113
Wisatawan Qatar

BOGOR, Bisniswisata.co.id: Bertepatan 41 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Qatar, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani melakukan kunjungan resmi dengan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan bilateral Indonesia-Qatar berlangsung di Ruang Sayap Kiri Istana Bogor, Jabar, Rabu (18/10/2017).

“Kunjungan Emir Al Thani juga disertai dengan delegasi bisnis yang sangat besar. Saya tadi telah membahas upaya memperkuat kerja sama di bidang infrastruktur dan tourism,” tutur Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan dalam jumpa pers bersama.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah Republik Indonesia dan Qatar telah bersepakat untuk menindaklanjuti hal-hal yang telah dibicarakan sebelumnya dalam pertemuan bilateral.

“Indonesia akan terus mengajak Qatar untuk berinvestasi, mengundang Qatar untuk menginvestasikannya di Indonesia. Dan kerja sama investasi yang tengah berjalan termasuk proyek Nitrus Power di PT Paiton Energy senilai 1,3 miliar US dollar dan dengan PT Pembangkit Jawa Bali membangun PLTGU Sumbagut senilai 1 miliar US dollar,” tambah Presiden Jokowi.

Soal warga negara Indonesia, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa ada sekitar 30 ribu orang yang turut berkontribusi bagi pembangunan di Qatar. “Seperti yang telah kita saksikan penandatanganan 5 nota kesepahaman di bidang pembentukan sidang komisi bersama, transportasi udara, pendidikan, pemuda dan olahraga serta kesehatan,” pungkas Presiden akhiri pernyataannya.

Menurut data Kementerian Luar Negeri RI, total nilai perdagangan RI-Qatar mencapai 900 juta dolar AS pada 2016. Hubungan perdagangan keduanya adalah, Indonesia mengimpor minyak dan juga mengekspor produk otomotif, garmen, alas kaki, serta mebel ke Qatar.

Qatar memang tengah bergelut dengan krisis diplomatik. Namun, jumlah kunjungan wisatawan asal Qatar tidak berpengaruh signifikan terhadap pariwisata Indonesia. Memang kontribusi wisatawan dari Qatar ke Indonesia relatif sedikit dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Timur Tengah.

Data Kementrian Pariwisata menyebutkan warga Qatar itu kalau bicara yang potensial berkunjung ke Indonesia itu 200.000 wisatawan. Sekarang dari Timur Tengah totalnya sekitar 300.000 wisatawan. Yang terbesar itu dari Arab Saudi. Diharapkan dengan kerjasama yang diperbarui ini kunjungan wisatawan Qatar ke Indonesia grafiknya bisa naik.

Dalam kesempatan itu, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani bersama Presiden Jokowi juga melakukan penanaman pohon eboni atau dikenal sebagai kayu hitam Sulawesi di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat sebagai tanda eratnya persahabatan kedua negara.

Presiden bersama Emir Qatar menanam pohon pada Rabu sekitar pukul 11.00 WIB. Pohon eboni atau Diospyros celebica yang tumbuh dewasa merupakan pohon yang kokoh serta teduh dan pohon endemik khas Sulawesi. Pohon itu diharapkan tumbuh dan melambangkan kuatnya hubungan Indonesia-Qatar.

Kunjungan Resmi Sheikh Tamim ke Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kerja sama di sejumlah bidang yaitu pariwisata, energi, investasi, perdagangan, kesehatan, pemuda dan olahraga serta kebudayaan dan penerbangan komersial. (*/NDIK)

LEAVE A REPLY