Pulau Madura Tawarkan Wisata Garam

0
218
Wisata Garam

PAMEKASAN, Bisniswisata.co.id: Berbagai terobosan destinasi wisata baru memang patut dirintis. Jika selama ini sudah dikenal wisata menjelajahi areal persawahan, mengapa tidak dengan areal garam yang tak kalah menarik untuk dijelajahi di sentra-sentra pembuatannya.

PT Garam berencana mengembangkan objek wisata garam di Pamekasan, Jawa Timur, sebagai wisata pendidikan bagi masyarakat di wilayah itu. “Objek wisata garam akan kami kembangkan di lahan pegaraman di Kecamatan Pademawu, Pamekasan,” kata Direktur PT Garam Ahmad Budiono kepada Antara di Pamekasan, Sabtu (25/03/2017).

Objek wisata itu mengenai cara menangkap “lorjuk”, yakni makanan khas Pamekasan yang sudah dikenal di luar Madura. “Masyarakat sudah mengenal rengginan lorjuk, campur lorjuk dan petis lorjuk. Akan sangat mendukung apabila kami kembangkan objek wisata pendidikan yang memberitahukan kepada masyarakat tentang bagaimana cara menangkap lorjuk ini,” kata Budiono.

Langkah ini sekaligus sebagai upaya untuk mendukung pengembangan objek wisata di Kabupaten Pamekasan. Jenis objek wisata ini, sekaligus sebagai upaya bagi masyarakat Pamekasan untuk mengenalkan proses produksi garam kepada masyarakat. “Kan masih banyak masyarakat Pamekasan dan Madura yang belum mengetahui bagaimana proses produksi garam,” katanya.

Dilanjutkan, upaya mengembangkan wisata garam oleh PT Garam itu juga sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Madura agar mereka bisa mengetahui proses itu, sekaligus bisa menjadi wisata pendidikan bagi siswa-siswa di Madura tentang proses produksi garam.

Selain di Pamekasan, PT Garam juga mulai mengembangan wisata garam yakni di lahan pegaraman Gresik Putih, Sumenep. “Kalau yang di Sumenep kami berupaya bisa menjadi tujuan objek wisata di tahun kunjungan wisata yang akan digelar Pemkab Sumenep pada 2018,”

Selain wisata Garam, Pulau Madura Jawa Timur juga memiliki destinasi wisata yang cantik, menarik dan unik. Tercatat ada 6 Wisata yang lokasinya di seberang Kota Surabaya. Destinasi yang ditawarkan itu memiliki alam yang luar biasa indahnya. Pasir putih, air jernih, dan alam yang memukau. Kali ini mari datangi pantai-pantainya.

Akses menuju pulau Madura semakin dekat, karena ada Jembatan Suramadu yang menghubungkan langsung. Madura menjadi dekat dan bisa ditempuh dalam waktu cepat. Ada tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Madura saat liburan:

01. Gili Labak
Pulau yang berada di ujung paling timur Madura ini wajib hukumnya untuk kamu kunjungi. Saking indahnya, para traveller menjuluki pulau ini sebagai surga tersembunyi. Pantai berpasir putih dan jernihnya air laut yang kebiruan, dijamin bakal memuaskan dahaga travellingmu. Untuk bisa sampai ke sini, harus menyeberang sekitar dua jam dari Pelabuhan Kalianget.

02. Kepulauan Kangean
Dari Gili Labak, tidak ada salahnya bila kamu meneruskan perjalanan ke Kepualauan Kangean. Di sini ada beberapa pulau yang masih perawan dan sayang untuk dilewatkan. Beberapa pulau yang ada di Kepulauan Kangean antara lain adalah Pulau Kangean, Pulau Sapeken, dan Pulau Saebus. Namun masih banyak lagi pulau lainnya di kepulauan Kangean yang siap wajib untuk kamu sambangi.

03. Pantai Slopeng
Pantai Slopeng berada di Desa Sema’am, Kecamatan Dasuk, Sumenep, Madura. Pantai ini berada di bagian utara Pulau Madura dan berjarak 21 km dari Kota Sumenep. Pantai ini berpasir putih dan ombaknya tidak terlalu besar sehingga tidak perlu khawatir untuk bermain di pinggir pantai.

04. Pantai Sambilangan
Kalau kamu bosan hanya untuk bermain air di pinggir pantai, maka harus datang ke Pantai Sembilangan. Karena di sini anda bisa menikmati keindahan pantai dan lautan dari puncak mercusuar. Mercusuar di pantai Sembilangan sendiri telah berdiri sejak 1879. Jadi selain menikmati pemandangan laut, kamu juga bisa menyaksikan langsung bukti sejarah peninggalan Belanda.

05. Air Terjun Toroan
Kalau kamu berpikir harus pergi ke pegunungan untuk menikmati air terjun, maka kamu salah besar. Tidak seperti air terjun pada umumnya, Air Terjun Toroan adalah air terjun yang alirannya jatuh langsung ke lautan. Jadi bila datang ke sini, anda akan disuguhkan dua pemandangan berbeda, yaitu air terjun dan laut nan indah.

06. Pantai Nepa
Pantai Nepa memiliki pasir berwana putih kekuningan dengan ombak yang cukup tenang. Tak salah bisa pantai ini selalu di padati pengunjung bila musim liburan datang. Di kawasan ini kamu juga tidak hanya bisa menikmati indahnya suasana pantai dan lautan, namun terdapat juga Hutan Nepa yang dihuni oleh kawanan monyet. (*/BBS)

LEAVE A REPLY