Promosikan Budaya Indonesia Lewat Fashion Show di Kota Mode Dunia

0
232
Indonesia Cultural Fashion

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Beragam cara orang dalam memperkenalkan budaya negerinya ke masyarakat dunia. Bisa lewat busana, objek wisata, kuliner, dan lainnya. Misalnya melalui even Indonesia Cultural Fashion (ICF), yang digagas dan diselenggarakan atas kerjasama dua production company dari Belanda dan Indonesia. Yaitu Picturesque Production Netherlands dengan Kolam Ikan Creative Com Jakarta.

ICF memiliki misi untuk memperkenalkan budaya dan fashion Indonesia ke kancah internasional. Lebih khusus ICF menjadi platform bagi karya-karya fashion design anak bangsa, untuk mendapatkan tempat di pasar internasional.

“ICF pertama telah diselenggarakan dengan sukses, dan mendapat sambutan yang luar biasa di Amsterdam. ICF selanjutnya akan diselenggarakan di kota-kota fashion utama di dunia seperti New York, Paris, London dan Milan,” kata Inne Rachma Hardjanto, pemilik Picturesque Production yang juga sebagai Event Director ICF 2016, melalui surat elektroniknya baru-baru ini.

Inne yang bermukim di Belanda ini, menuturkan ICF pertama diselenggarakan pada 18 Desember 2016 lalu di Amsterdam, memilih venue yang spektakular di kota itu. Venue itu biasa digunakan untuk acara fashion brands dan majalah Belanda ternama seperti ELLE Magazie Nl, Harper’s Bazaar Netherland, L’Officiel, dan brand Yves St. Laurent.

Menurut Inne, pada ICF pertama ini lebih dari 350 tamu hadir dari berbagai kalangan, seperti para Professional Fashion Industry dari Belanda khususnya dan Eropa pada umumnya. Media lokal Belanda maupun dari Jerman, media online, para fashion blogger Belanda, juga terdapat Hijabi Fashion Belanda. “Yang menggembirakan event ini dapat dihadiri oleh komunitas Indonesia, Turki dan Marokko, walau para tamu tetap harus memiliki undangan khusus untuk menghadirinya,” ujar Inne.

Dijelaskan ICF pertama ini menampilkan 4 fashion brand yang terdiri dari 3 label dari Indonesia dan satu guest brand dari Belanda, yang juga merupakan hasil karya anak bangsa. Ketiga label dari Jakarta adalah Territory, yang merupakan brand milik artis Ibukota Terry Putri, Elemwe dengan desainernya Lily Mariasari, dan Sun Summit oleh Riza Rozana.

Brand keempat sebagai guest brand ICF adalah Uémara, brand yang berbasis di Belanda dan Eropa dengan target market muslimah Eropa, yang merupakan karya anak bangsa yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis fashion di Eropa, yaitu Inne Rachma Hardjanto.

Dilanjutkan, pujian dan ucapan selamat berdatangan dari kalangan fashion industry professional, khususnya Belanda dan Eropa pada umunya. Salah satunya datang dari Janice Deul, seorang journalis dan public figure ternama Belanda. “Kesan Janice tentang acara ini sangat positif sebagai wadah untuk menjembatani multi culture di Eropa. ‘It was a great event, I enjoyed it very much,” tambah Inne menirukan ucapan Janice yang juga aktif diberbagai fashion event di Belanda sebagai konsultan.

Selain Janice, katanya, di deretan front row seat ICF, tampak public figure Belanda seperti Carla Van Putelaar pemilik sebuah media Belanda, dan Lisa Kapper Holland Next Top Model.
ICF juga dikemas tidak saja dalam bentuk fashion show, tapi juga fashion showcase, dimana desainer dan brand yang berpartisipasi dapat langsung menjual produknya kepada audience dan buyer Eropa.

Kegiatan ICF pertama ini didukung penuh pula oleh team yang sudah sangat berpengalaman dalam event-event fashion di Eropa, seperti Othman Khamlinchi sebagai koreografer sekaligus Backstage Show Director. Othman adalah koreografer dan backstage show director Elite Model Look Belanda, dan Amsterdam Fashion Week. “Insya Allah ICF 2017 akan di selenggarakan di New York,” ungkap Inne yang dikenal sebagai fotografer fashion berhijab di Eropa. (bundayoely@gmail.com)

LEAVE A REPLY