Promosikan Batik Besurek, Bengkulu Ajak Model Rusia

0
817
Pelajar Bengkulu Kenalkan Batik Besurek (Foto; http://pedomanbengkulu.com)

BENGKULU, bisniswisata.co.id: Kota Bengkulu menggandeng model internasional dari Rusia guna mempromosikan batik khas daerah itu yang dikenal dengan Batik Besurek. Dua model asing itu, Dashuta Denisenko dan Anastasya Romanova.

“Ada sejumlah manfaat yang kita dapat dengan mengajak model internasional ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Bengkulu, Toni Elfian dia, di Bengkulu, Sabtu (12/11/2016).

Menurutnya, masyarakat akan merasakan kesan berbeda jika yang mengenakan pakaian adat atau yang bernuansa khas Indonesia itu adalah warga asing atau model dari luar negeri.

“Jadi ada daya tarik tersendiri, kita juga berkesempatan mengenalkan batik ini sampai ke luar negeri, model inilah yang menjadi pintu untuk memperkenalkannya,” timpal Toni.

Karnaval Batik Besurek menurutnya, akan dihelat pada 18-21 November 2016. Sejumlah kegiatan akan digelar di antaranya lomba fotografi. Banyaknya fotografer yang berpartisipasi, kata Toni, akan menjadi sarana efektif dalam rangka memperkenalkan Batik Besurek di kancah nasional maupun internasional.

Dalam karnaval ini, melibatkan seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Selain melibatkan seluruh daerah di Indonesia, Pemerintah Kota Bengkulu juga mengundang para duta besar dalam acara itu.

Karnaval ini banyak hal yang didapat. Selain menggali warisan para leluhur, memperkenalkan Batik Besurek ke pentas nasional dan internasional juga menggenjot sektor industri batik Bengkulu, sambungnya.

Ia melanjutkan, karnaval batik nusantara sebelumnya pernah dilakukan sebanyak dua kali dalam dua tahun dan berskala lokal. Namun pada gelaran kali ini, Pemerintah Kota Bengkulu menjangkau tingkat nasional.

Bengkulu sendiri akan memperkenalkan berbagai motif Batik Besurek, di antaranya motif kaligrafi, bunga rafflesia, batu akik teratai dan lainnya.

Selama ini motif Batik Besurek dikenal hanya kaligrafi, namun ada motif terbaru seperti batu akik teratai, bunga rafflesia, anggrek pensil dan banyak lagi.

Ia optimistis, karnaval tersebut akan meningkatkan penjualan Batik Besurek Bengkulu. Pada karnaval sebelumnya persediaan batik selalu habis terjual. (*/OKE)

LEAVE A REPLY