Promosi Wisata Sungai Bono Sasar Peselancar Dunia

0
77
Wisatawan asing berselancar di Sungai Bono Kampar Riau (Foto: TripTrus)

PELALAWAN, Bisniswisata.co.id: Riau terus gencar mempromosikan destinasi wisata Sungai Bono di Pelalawan Riau. Kini promosi menyasar di kalangan peselancar, yang biasanya berselancar di laut lepas. Namun kini peselancar di penjuru dunia ditantang berselancar di muara sungai yang arusnya sangat deras

Sungai Bono muaranya menciptakan gelombang obak tinggi, panjang dan tidak terputus. Bono dikenal memiliki ombak sungai yang bisa untuk berselancar atau surfing. Surfer dari Australia, pernah mencetak rekor, dengan selancar ombak Bono di Sungai Kampar, Pelalawan, Riau, 9-12 Maret 2016. Sebutannya, Bono Tujuh Hantu (The Bono Seven Ghosts) yang semakin dicintai turis-turis pencari adventure.

Ada dua rekor yang berhasil pecah sekaligus. Peselancar dari Inggris, Perancis, Brasil dan Amerika Serikat, Malaysia, Singapore, dan Brunei Darussalam, dibuat terpesona karenanya. Banyak wisman terkesan dengan aksi surfer Australia.

Rekor individual, dipecahkan James Cotton. Dia berada di atas ombak selama 1,2 jam dengan jarak tempuh 172 km. Catatan ini mematahkan rekor sebelumnya atas nama Steve King, Inggris, 12,23 km.

Berkaitan Pelalawan Expo diselenggarakan mulai 2 Oktober 2017 dengan mendatangkan penyanyi Iyeth Bustami ini juga diisi berbagai kegiatan, perlombaan serta karnaval budaya sekaligus mempromosikan destinasi wisata Sungai Bono, unglap Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dibudparpora) Pelalawan, Andi Yuliandri dalam keterangan tertulis, Senin (02/10/2017)>

Sungai Bono, sambung dia, memang sangat layak untuk terus dipromosikan. Alasan utamanya, Gelombang Bono sangat langka. Gelombang terbesarnya hanya ada dua di dunia. Pertama Kuala Sungai Amazon, Brasil. Satunya lagi di Kuala Sungai Kampar, Pelalawan, Riau.

Tim ekspedisi Rip Curl bahkan sampai menjuluki ombak Bono di kuala Sungai Kampar dengan sebutan may be unrivaled, mungkin tak tertandingi. “Dan saat ini Bono sudah semakin dikenal oleh para peselancar lokal maupun dunia,” kata Andi.

Karenanya, wisata Sungai Bono sudah bisa dijual ke mancanegara sebagai destinasi yang menarik. Mengingat Bono sudah sangat cocok dijual ke wisatawan yang hobbu surfing, namanya gampang diingat dan dikenal serta sangat menjual. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY