Presiden Jokowi: Pariwisata Manado Meningkat 1000 Persen

0
435
Bunaken Manado (Foto: Pinterest)

MANADO, bisniswisata.co.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Kota Manado semakin siap menerima lebih banyak wisatawan seiring semakin berkembangnya sektor pariwisata di wilayah itu.

“Ya seperti yang dulu saya sampaikan, di sini (Manado) pariwisatanya meningkat sangat drastis, 1.000 persen,” kata Presiden Jokowi saat blusukan ke Mega Mall Manado Jl. Piere Tendean Boulevard, Manado, Senin (26/12/2016) malam.

Itu berarti, sambung Kepala Negara, Manado semakin berkembang dari sisi perekonomiannya. Presiden ingin melihat sendiri sejauh mana kesiapan Manado dalam menerima turis. “Artinya ada pergerakan ekonomi ada peredaran uang yang sangat besar. Inilah yang mau saya lihat, saya lihat kesiapan Manado menerima turis sekarang ini siap,” katanya.

Terkait belum optimalnya infrastruktur pendukung termasuk sedikitnya hotel di Manado, Presiden menegaskan dalam waktu dekat hal itu sudah teratasi.

“Tadi saya sudah tanya ke Pak Gubernur, ini baru dalam proses pembangunan empat (hotel) yang masih dalam proses. Nanti akan datang lagi kalau ada ‘demand’ pasti ada semua itu, pasti itu. Ada permintaan pasti ada yang membangun itu dalam ekonomi ya seperti itu hukumnya,” lontar Presiden.

Di Manado, Presiden rencananya menghadiri Perayaan Natal Bersama Nasional juga melakukan peninjauan beberapa proyek infrastruktur di Provinsi Sulawesi Utara.

Setiba di Manado, malam itu itu juga Presiden melakukan blusukan ke pusat perbelanjaan di kota itu. “Di semua pusat perekonomian di sini, di toko-toko saya lihat semuanya, ini sudah jam berapa jam 10.30 (malam) masih ramai banget,” kata Presiden.

Presiden Jokowi tiba di Mega Mall Manado Jalan Piere Tendean Boulevard, Manado, Senin (26/12/2016) sekitar pukul 21.00 WITA. Presiden Jokowi yang mengenakan jaket bomber mengaku ingin menyapa masyarakat Manado secara langsung.

“Saya hanya ingin mengucapkan selamat Natal kepada masyarakat Manado khususnya, dan kepada seluruh umat kristiani di seluruh Indonesia saya mengucapkan selamat Hari Natal 2016,” kata Presiden.

Saat berada di Mega Mall, Presiden disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat dan pengunjung pusat perbelanjaan tersebut. Mereka berebut untuk mendekat hingga berdesakan menjangkau Presiden agar bisa bersalaman atau berfoto bersama.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan rasa penasarannya pada kuliner dari Sulawesi Utara salah satunya ia ingin mencicipi bagea kenari di Manado. “Ini kayak gini, ini yang bagea kenari ini yang enak ini,” kata Presiden Jokowi sambil menunjukkan bagea kenari yang baru dibelinya kepada wartawan.

Bagea kenari merupakan kue khas Manado yang terbuat dari campuran antara sagu, tepung, gula pasir, dan kenari. Selama ini bagea kenari dikenal sebagai oleh-oleh wajib dari daerah Sulawesi Utara.

Presiden Jokowi mengaku belum pernah mencicipi bagea kenari sehingga ingin mencobanya. “Tadi pagi saya tanya yang enak-enak, mana yang enak, bagea kenari, belum pernah saya. Saya beli karena saya belum nyoba,” ujarnya. (*/BBS)

LEAVE A REPLY