Presiden Jokowi Ngerap Bareng Konten Kreator

0
224

BOGOR, bisniswisata.co.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui menyukai musik beraliran metal. Bagaimana jadinya, jika diminta untuk menyanyi rap. Permintaan itu terjadi saat saat berdialog dengan konten kreator XYZ 2018 di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/4/2018).

Pada sesi terakhir, pembawa acara, Jflow, meminta Jokowi mengucapkan sejumlah kata-kata dengan nada rap. “Nanti temen-temen bisa bantuin kita tepuk tangan buat ngasih beat. Pak Jokowi rap sedikit aja pak. Boleh ya pak,” pinta Jflow.

Jflow pun mencontohkan. “Hmmm, ini zaman digital era teknologi, selamat berkarya salam dari Jokowi. Udah segitu aja pak,” ucap Jflow.
“Boleh iya pak. Ini pesan buat generasi muda. Kita shoot nanti saya rekam suaranya. Cuma gitu aja pak,” timpal dia lagi. “Boleh,” jawab Jokowi.

Microphone lalu dipegang Jokowi. Sementara Jflow mengiringi dengan musik beatbox. “Ini zaman digital. Eranya, eranya teknologi. Selamat berkaya dari saya. Salam Jokowi,” lontar Jokowi.

Tak pelak aksi Jokowi mengundang tepuk tangan dari para konten kreator. Saat itu, Jokowi mengaku rapnya tidak terlalu bagus. “Masih jelek banget,” ujar dia. “Ini harusnya dua minggu,” ungkapnya.

Disisi lain, Presiden Jokowi mengungkapkan keinginannya memiliki follower yang banyak di YouTube. Ia pun meminta tips untuk meningkatkan subscribe. “Gimana membikin konten yang baik, sehingga follower semakin banyak,” tanya Jokowi.

Jokowi mengaku saat ini subscribe di YouTube hanya sedikit. Tak kurang dari 430 sub. “Masih kalah sama Gen Halilintar,” ucap dia.

Jokowi lalu bertanya kepada sejumlah kreator konten ihwal membuat video blogging atau Vlogging yang baik supaya bisa menambah pengikutnya di youtube.

Seorang peserta Jennifer Bachdim lalu menjelaskan kepada Jokowi. Ia mengatakan, vlog yang baik durasinya antara 5 sampai 10 menit.
“Kalau mau vlog yang bagus. Saya selalu coba edit vlog 10 menit. Vlog saya selalu positif dan follower dapat pesan yang disampaikan,” papar Jennifer.

“Isi vlog saya belajar tentang lifestyle, belajar memasak. Saya tidak akan membikin pendek atau panjang, pas-pas saja,” sambung dia seperti diunduh laman Liputan6.com, Ahad

Selain itu, Ata Gen Halilintar menyarankan agar Jokowi membuat konten challenge (tantangan). Menurut dia, saat ini konten seperti itu paling banyak dinikmati pecinta YouTube. “Saran saya Pak Jokowi bikin tantangan. Contohnya makan pedes bareng atau main game dengan kita,” ucap dia.

Jokowi mengungkapkan pertama kali belajar vlog dari anaknya yang bernama Kaesang Pangarep. Saat itu, video yang diunggah disambut warganet. “Saya harus ngomong apa adanya. Saya belajar dari generasi milenial. Saya selalu bertanya kepada mereka karena vlog pertama banyak dapat komentar, kok editing jelek, kok goyang. Jadi saya memperbaiki terus,” ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Hanya saja, ia mengaku terus memperbaiki vlognya dari waktu ke waktu. Terakhir dirinya membuat vlog saat berkunjung di Papua. “Sekitar seminggu lalu,” lontar kepala negara.

Diapun menjelaskan, dalam membuat vlog selalu dengan perencanaan yang matang. Juga terkait dengan pesan yang akan disampaikan. “Mesti kita ukur semua,” tandasnya.

Namun demikian, kata-kata dalam vlognya selalu diucapkan secara spontan. “Tidak ada script nanti malah lupa semua. Spontan aja di lapangan seperti apa,” sambungnya. (NDIK)

LEAVE A REPLY