Presiden Jokowi bakal Hadiri Karnaval Khatulistiwa di Pontianak

0
2056
Karnaval Budaya Nusantara (foto: beritadaerah.co.i)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat, pada 22 Agustus 2015, bakal berlangsung istimewa sekaligus menarik. Mengingat Presiden Jokowi dipastikan menghadiri Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Kalbar dalam rangka peringatan kemerdekaan RI. Presiden Jokowi akan mengenakan baju khas pesta rakyat bertema kebudayaan Indonesia.

“Pareda kebudayaan nusantara yang melibatkan ribuan masyarakat, pelaku seni, budayawan hingga figur-figur terkemuka, menjadi perhatian tersendiri bagi Presiden Jokowi. Karena itu, karnaval akan dibuka Presiden Jokowi dan dihadiri sejumlah menteri ini bertujuan membangkitkan rasa kemandirian dan optimisme bangsa menghadapi tantangan ke depan,” papar Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (14/08/2015).

Saat ini, sambung Mensekneg, Indonesia tengah menghadapi tantangan berupa pelambatan ekonomi, namun sebagai bangsa yang punya potensi begitu besar, kita harus tetap optimistis mampu melewati tantangan itu. Kita tunjukkan pada dunia bahwa kita bangsa yang besar, plural, damai, sekaligus kreatif. “Banyak sumber daya khatulistiwa yang juga bisa kita tunjukkan ke dunia,” lontarnya.

Pratikno menambahkan, pelaksanaan Karnaval Khatulistiwa berlandaskan pada tema peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI, yaitu “Ayo Kerja”. Kegiatan karnaval juga berpedoman pada upaya mendorong seluas mungkin kreativitas masyarakat serta mengedepankan hiburan khas daerah

Selain itu, tambah dia, karnaval ini digelar untuk membangun optimisme Indonesia dari daerah. Karena itu pula, Pontianak dipilih sebagai lokasi karnaval untuk merefleksikan daerah di garis khatulistiwa yang dilintasi sungai-sungai besar dan berbatasan dengan Malaysia. “Karnaval dirancang dengan mempertemukan kekayaan darat yang bertautan dengan air,” ucapnya.

Karnaval ini berisi rangkaian kegiatan di darat dan air (sungai), serta panggung hiburan yang menampilkan sejumlah grup musik papan atas. Karnaval dimulai dari rumah bentang (khas Kalimantan Barat) menuju alun-alun Kapuas dengan jarak sekitar lima kilometer. Dalam karnaval darat akan ditampilkan arak-arakan kendaraan hias dan pejalan kaki yang menggunakan kostum adat dayak serta melayu. Panitia melibatkan sekitar 500 penari dayak dan 50 kelompok seni Kalimantan Barat dalam karnaval ini.

Peserta karnaval air berasal dari 18 provinsi yang memiliki karnaval air. Sedangkan provinsi lainnya akan meramaikan karnaval di bagian darat. Peserta utama adalah pemerintah provinsi. Segala beban dikelola pemerintah provinsi yang akan mengirim kontingan.

Akan ada 1.500 perahu hias dalam karnaval ini. Konvoi perahu hias akan dilepas oleh Presiden Jokowi dengan menyalakan meriam karbit dari anjungan Masjid Sultan Abdurrahman. Masjid tersebut merupakan bangunan tertua di Kalimantan Barat karena dibangun pada 1771 silam. (endy)

LEAVE A REPLY