Presiden Jokowi Ajak WNI di Tiongkok Kampanyekan Pariwisata Indonesia

0
372
Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo naik kereta cepat di Tiongkok

SHANGHAI, test.test.bisniswisata.co.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak warga Indonesia yang ada di Tiongkok turut mengkampanyekan pariwisata Indonesia. Dengan harapan warga Tiongkok bisa berwisata dan mengenal aneka ragam budaya Indonesia.

Presiden memberikan gambaran, pariwisata Malaysia dikunjungi oleh 24 juta wisatawan mancanegara (wisman) dalam satu tahun, Thailand didatangi 28 juta wisman. Sementara Indonesia hanya dikunjungi 9,8 juta wisman.

“Padahal tempat yang indah-indah kita itu banyak sekali. Apa yang keliru, apa yang salah? Tahun 2019 harus sudah di atas 20 juta (wisman),” ungkap Kepala Negara saat bertemu dengan masyarakat Indonesia di Golden Hall, Shanghai Mart, Tiongkok, Sabtu (03/09/2016).

Karena itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing terutama dari masyarakat Tiongkok, Presiden Jokowi meminta agar seluruh warga Indonesia di Tiongkok turut mengkampanyekan pariwisata Indonesia.

Dijelaskan, dirinya menandatangani kerja sama di bidang pariwisata dengan Presiden Xi Jinping. Saat itu kedua negara berupaya untuk mendatangkan sepuluh juta wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia. Upaya ini kini telah mulai mendatangkan hasil.

“Manado mulai bulan lalu terjadi peningkakan turisnya hingga 1.000 persen karena ada “direct flight” dari empat provinsi di sini (Tiongkok). Sekarang di Manado banyak bangun restoran, hotel. Banyak sekali,” ungkapnya.

Memasuki hari kedua kunjungan kerjanya di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Sabtu (3/9), Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke kota Shanghai untuk menghadiri Forum Bisnis Indonesia dan warga Indonesia yang ada di China.

Presiden dan rombongan berangkat menuju Shanghai dengan menggunakan kereta api dari Hangzhou East Station sekitar pukul 09.30 waktu setempat. Perjalanan ditempuh dalam waktu 1 jam.

Agenda pertama Presiden di Shanghai yaitu menghadiri Forum Bisnis dengan CEO perusahaan-perusahaan RRT di Hotel Shangri-la.

“Akan ada forum bisnis Shanghai dan Presiden akan menjadi keynote speaker. Kami tiga orang, Pak Thom Lembong (Kepala BKPM, red), Pak Airlangga (Menperin, red), dan saya, akan menjadi panelis dalam forum bisnis itu,” ujar Menko Kemaritiman di Hangzhou, seperti dilansir laman Setkab.go.id.

Selanjutnya, Presiden diagendakan untuk Lunch Meeting dengan BUMN RRT. Melengkapi kegiatan di Shanghai, Presiden dan Ibu Iriana akan bertemu masyarakat Indonesia di Shanghai Mart.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo ke Shanghai yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (*/NDY)

LEAVE A REPLY