Pramugari Beberkan Rahasia Tampil Sempurna dalam Penerbangan

0
114
Pramugari Qantas Airlines (Foto: AFP PHOTO/William WEST (Photo credit should read WILLIAM WEST/AFP/Getty Images)

NEW YORK, Bisniswisata.co.id: Para pramugari maskapai penerbangan Qantas Airlines punya cara tersendiri agar dapat terlihat cantik, menarik, memikat, elegan, bersikap profesional dalam penerbangan. Bahkan, mereka tak hanya diwajibkan melayani penumpang pesawat dengan baik, namun juga dituntut berpenampilan sempurna, termasuk tersenyum.

Dikutip dari laman News.com.au, Kamis (17/8/2017), para pramugari dari maskapai penerbangan Qantas Airlines membeberkan rahasia atau punya kiat sendiri agar penampilan terlihat cantik dan menarik. Teknik make-up adalah kunci utama yang harus dikuasai saat terpilih menjadi awak kabin.

Menurut Kersha, seorang pramugari yang baru saja bekerja di Qantas Airlines, pelatihan semacam ini sudah ia dapat saat menjalani proses seleksi dan pembinaan. “Saya membeli sebuah tas make-up seharga Rp 60 ribu. Anda bisa membawa dan menggunakannya setiap saat. Sebelum lepas landas pun saya selalu memeriksa tampilan saya agar tetap terlihat cantik,” ujar Kersha.

Tak hanya cara merias wajah, bagi Kesha salah satu kunci agar terlihat menarik adalah hairdo (tata rambut). Untuk penerbangan Qantas sendiri, ada dua model rambut yang biasa digunakan yaitu model cepol atau kuncir kuda. Bagi pramugari yang memiliki potongan rambut di atas bahu, model “bob” bisa jadi alternatif.

Bagi model rambul cepol sendiri tentu ada pakemnya. Arah cepol tak boleh naik melainkan turun ke bawah. Sama halnya dengan model kuncir kuda, panjang rambut tak boleh melebihi 30 sentimeter.

Selama bertugas, para pramugari diharuskan menjaga tampilan rambutnya. Untuk itu, Kersha punya cara sendiri agar rambutnya rapi. Tip pertama adalah cuci rambut setiap enam hari sekali. Gunakan sampo dan krim untuk perawatan rambut. Sebab, rambut yang lembab akan mudah lepek dan tak akan “kokoh”. Membilas rambut secara terus menerus akan memengaruhi tingkat kelembaban rambut.

Fenomena hidrasi dalam pesawat juga dapat memengaruhi kondisi rambut. “Bagi saya menjaga kondisi kulit juga sangat diperlukan. Meningat, suhu dingin di dalam pesawat dapat membuat kulit kering. Mengonsumsi air putih adalah solusi bagi persoalan ini,” lontarnya.

Alat make-up yang mereka gunakan juga standar, sama seperti perempuan pada umumnya. Pertama-tama Kersha memulai riasan wajahnya dengan olesan foundation terlebih dahulu. Hal ini digunakan agar dapat menutupi noda hitam pada kulit.

Penggunaan eyeshadow diperbolehkan, tetapi eyeliner tak diperbolehkan bagi pramugari. Selain itu ada pula maskara agar bulu mata terlihat lentik. Penggunaan blush on dan pewarna bibir juga merupakan hal wajib.

Selain Kersha, juga Jenna ikut membeberkan benda-benda apa yang lazimnya dibawa oleh pramugari ketika lepas landas. Diantaranya, stoking cadangan, cat kuku, hairspray, permen, sikat gigi, parfum, botol air minum, kabel telepon genggam, adaptor dan sepatu cadangan. (*/NCA)

LEAVE A REPLY