PHRI Papua Bersinergi Tingkatkan Kunjungan Wisman

0
554
Sebuah hotel di Papua


JAYAPURA, Bisniswisata.co.id:
Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Papua rencananya bersinergi dengan pemerintah guna meningkatkan kunjungan wisatawan agar sejalan dengan target nasional kunjungan 20 juta wisatawan di 2017.

“Ini tantangan PHRI Papua untuk mengemas destinasi wisata dengan berperan bersama pemerintah,” ujar Wakil Ketua Badan Pengurus Pusat PHRI Maulana Yusuf, di Jayapura seperti dilansir laman Antaranews, Jumat (31/03/2017).

Dia meminta pemerintah daerah di Provinsi Papua untuk sesegera mungkin membuka jalur penerbangan internasional agar wisatawan mancanegara bisa langsung masuk ke Papua tanpa harus melalui daerah lain di Indonesia.

“Mustahil kalau kita tidak punya ‘international flight’. Kalau kita tidak punya otomatis berapa wisman yang akan datang, ini PR kita bersama dengan dukungan ‘goverment’ dan ‘stakeholder’ yang harus kita dorong dari semua lini,” lontarnya.

Ketua Umum PHRI Papua Syahril Hasan yang berbicara saat pembukaan Musda PHRI Papua ke-VIII di Jayapura, Rabu (29/3), pengusaha perhotelan dan restauran di Papua merupakan pejuang ekonomi yang mana dengan segala keterbatasan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan di Papua.

“Bahwa orang datang ke Papua bukan hanya cari duit, kami pejuang ekonomi, bagaimana kita bersinergi dengan pemerintah untuk memajukan perkembangan ekonomi dengan segala keterbatasan yang kita miliki,” katanya.

Staf Ahli Pemerintah Provinsi Papua Nie Rumbiak menekankan bahwa perkembangan pariwisata harus melibatkan masyarakat asli dengan mengangkat konten kearifan lokal. “Saya tekankan disini kearifan lokal dengan menggandeng putra-putri lokal dengan melihat kapabilitas, kualitas mereka, sehingga mereka dapat bersaing dengan sehat,” ujar dia. (*/Ano)

LEAVE A REPLY