PHRI: Event Budaya & Wisata Kalbar Minim Kunjungan Wisatawan

0
27
Pekan Gawai Dayak (Foto: Antara)

PONTIANAK, Bisniswisata.co.id: Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kalimantan Barat (Kalbar) prihatin, mengingat selama ini kegiatan budaya dan wisata yang digelar di Kalbar, masih sangat minim mendatangkan wisatawan luar. Masalah ini harus menjadi perhatian serius bagi stakeholder pariwisata Kalbar sehingga mampu membawa orang luar bisa datang ke Kalbar.

“Kegiatan budaya dan wisata yang kita gelar, kebanyakan disaksikan orang dari lokal. Kalau orang lokal tentu tidak menginap, tidak belanja dan lainnya. Kalau pun ada tentu sedikit. Secara umum pengaruh kegiatan pemerintah saat ini belum singnifikan untuk mendatangkan wisatawan luar,” ungkap Ketua PHRI Kalbar, Yuliardi Qamal seperti diunduh laman Antaranews, Jumat (13/10/2017).

Memang harapan semua pihak, sambung dia, tentu juga sesuai keinginan usaha di mana jika wisatawan luar ramai bertandang ke Kalbar maka bisa berpengaruh terhadap tingginya tingkat hunian hotel.

Dengan tingginya tingkat hunian hotel dan ramainya mencicipi kuliner di restoran dan rumah makan di Kalbar, Pendapatan Asli Daerah (PAD) di daerah Kalbar akan meningkat. “Setiap wisatawan luar tentu menginap, makan dan berbelanja. Dengan hal tersebut tentu juga menggeliatkan ekonomi daerah ini,” papar dia.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kalbar mencatat bahwa jumlah kunjungan wisatwan mancanegara (Wisman) dari Januari – Juli 2017 sebanyak 20.749 kunjungan.

Kemudian untuk Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel Bintang di Kalbar khusus pada Juli 2017 yaitu 44,30 persen naik 3,53 poin dibandingkan TPK Juni 2017 sebesar 40,77 persen. Sedangkan untuk rata – rata lama menginap tamu di hotel berbintang di Kalbar hanya, 1,72 hari. (*/ANT)

LEAVE A REPLY