PHRI: Erupsi Gunung Agung, Tak Ada Pembatalan Wisatawan

0
125
Pura Besakih dengan latar belakang Gunung Agung (Foto: www.balistarisland.com)

DENPASAR, Bisniswisata.co.id: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Bali mengantisipasi peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Agung dengan tanggap memberikan informasi dari sumber akurat kepada wisatawan yang tengah berwisata di Pulau Dewata maupun buyer dan agen di luar negeri.

“Kami sudah sebar informasi baik kepada buyer maupun agen Biro Perjalanan Wisata di luar negeri. Kami sudah jalankan semua, dengan harapan mendapatkan informasi yang lebih akurat, lengkap dan terpercaya,” kata Ketua PHRI Bali Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati dalam keterangan tertulis, Jumat (22/09/2017).

Pria yang akrab disapa Cok Ace itu mengharapkan kepada pelaku pariwisata untuk memperbaharui informasi dari pihak berwenang. PHRI juga terus menjalin komunikasi dengan aparat terkait salah satunya pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Penerbangan, kata dia, merupakan salah satu akses utama kedatangan wisatawan yang terdampak jika aktivitas gunungapi tidak stabil dan menyemburkan abu vulkanik. “Itu akan terganggu karena wisatawan tidak jadi datang manakala bandara tutup karena terdampak abu vulkanik,” ucapnya.

Hingga saat ini, lanjut Cok Ace, tidak ada pembatalan kedatangan maupun penundaan yang disampaikan pelanggan dari luar negeri meski status Gunung Agung naik menjadi siaga.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim seperti dikutip dari Antara mengatakan operasional bandara masih berjalan normal meskipun saat ini status Gunung Agung masuk level siaga.

“Setiap pengelola bandara telah menyiapkan rencana kontijensi apabila menghadapi situasi darurat salah satunya penanganan penumpang dan pesawat udara,” sambungnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY