Pernikahan Putri Presiden, Hotel di Yogyakarta & Solo Panen

0
27
hotel

YOGYAKARTA, Bisniswisata.co.id: Jelang pesta pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, hotel-hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai panen. Jumlah kunjungan di hotel-hotel di DIY meningkat sejak Sabtu (4/11/2017), empat hari sebelum pesta pernikahan Kahiyang dan Bobby yang akan digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2017).

Saat ini tingkat okupansi hotel berbintang di ring I DIY, yakni area Malioboro, sudah 80%. “Kemungkinan besar nanti malam mencapai 100%. Kemungkinan besar puncak kedatangan tamu malam ini,” ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istidjab M. Danunagoro di Yogyakarta, Senin (6/11/2017).

Isdtidjab memperkirakan tingkat keterisian hotel berbintang di ring II DIY, yakni di Jalan Diponegoro, mencapai 70%-80%. Begitu juga dengan okupansi hotel berbintang di ring III, yakni area Kaliurang dan Parangtritis, diperkirakan 80%. Adapun, tingkat keterisian di hotel non-bintang diperkirakan meningkat 20% dari hari normal.

PHRI DIY memprediksi sekitar 500 orang bakal memadati hotel-hotel di DIY jelang pernikahan Kahiyang-Bobby. Para tamu diperkirakan bermalam di Yogyakarta selama dua malam.

Untuk mengantisipasi kepadatan tamu, PHRI DIY sudah mengimbau pengelola hotel untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi tamu. “Kami juga mengimbau hotel untuk memberikan harga khusus,” ucap Istidjab seperti dilansir laman Bisnis.com.

Jumlah hotel berbintang satu hingga bintang lima di DIY saat ini sekitar 160 hotel, sedangkan hotel non-bintang mencapai 1.100. Sebagian besar hotel berbintang memadati area Kota Yogyakarta dan Sleman.

Sementara di Solo, Okupansi sejumlah hotel berbintang di Kota Solo untuk pemesanan 8 November 2017 saat ini sudah mencapai 100 persen. “Okupansi sudah penuh, untuk penggunaan dari tanggal 4 November dan puncaknya tanggal 7-8 November,” kata General Manager The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari di Solo.

Dari total pemesanan yang masuk, sekitar 80 persen di antaranya merupakan tamu acara pernikahan anak kedua Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu yang acara resepsinya akan dilakukan pada tanggal 8 November 2017. “Di sini kami ada 203 kamar. Kebanyakan tamu yang memesan untuk penggunaan pada tanggal tersebut berasal dari Jakarta,” katanya.

Mengenai persiapan yang dilakukan, Retno mengatakan mengoptimalkan pelayanan agar tamu yang datang benar-benar merasakan nuansa Kota Solo. “Salah satunya dari sisi menu makanan hotel yang kami sajikan sangat mengunggulkan menu khas Solo. Jadi tamu benar-benar merasakan Solo Hospitality,” katanya.

Senada, Public Relations Officer The Alana Hotel and Convention Center Solo Farida Kusuma mengatakan untuk pemesanan tanggal 8-9 November dari 247 kamar sudah terpesan 100 persen. “Untuk hotel kami sampai saat ini tercatat banyak paspampers yang datang untuk menginap dan beberapa tamu dari kementerian. Untuk tamu VVIP saat ini belum ada yang tercatat masuk,” katanya.

Untuk lebih memeriahkan momentum tersebut, pihaknya menjadikan lobi hotel sebagai tempat jamuan makan dengan sajian dan nuansa “Bali Kampung”. “Suasana ini dihadirkan karena banyaknya tamu dari luar Kota Solo. Bali Kampung akan mengisi perjamuan malam para tamu,” katanya. (*/BBS)

LEAVE A REPLY