Penyanyi Ed Sheeran Digugat

0
109
Ed Sheeran

SYDNEY, Bisniswisata.co.id: Dua musisi Australia mengajukan pengaduan pelanggaran hak cipta terhadap Ed Sheeran dan penyanyi musik country Tim McGraw serta Faith Hill, di antara sejumlah lainnya, menuduh bintang-bintang itu meniru salah satu lagu mereka.

Sean Carey, mantan gitaris band Thirsty Merc, dan pemain keyboard serta penulis lagu ‘Beau Golden’ mengatakan, lagu berjudul ‘The Rest Of Our Life’ dari Tim McGraw dan Faith Hill serta ditulis oleh Sheeran, secara substansial serupa dengan lagu mereka yang berjudul ‘When I Found You’.

Penyanyi Australia, Jasmine Rae, merilis lagu ‘When I Found You’ atas namanya pada tahun 2015, dan ini adalah lagu yang paling banyak dimainkan di radio musik country Australia, menurut pengaduan, yang diajukan di Pengadilan Distrik AS di New York, tersebut. Rae tidak terdaftar sebagai penggugat.

“Peniruannya, dalam banyak hal, secara verbal, kata demi kata menyalin elemen penting dan asli lagu tersebut, dan begitu jelas untuk pengamat biasa,” kata Richard Busch, pengacara untuk kedua musisi Australia tersebut, dalam berkas pengaduan seperti dilansir laman www.australiaplus.com, Ahad (14/01/2018)

Busch berhasil mewakili keluarga Marvin Gaye pada tahun 2015 dalam gugatan hak cipta atas lagu dari penyanyi Robin Thicke dan Pharrell Williams berjudul ‘Blurred Lines’.

Ia juga pernah menggugat Sheeran sebelumnya, saat bintang pop Inggris tersebut dituduh melakukan penggunan tanpa izin atas lagu berjudul ‘Photograph’. Kasus itu diselesaikan di luar pengadilan.

Ketiga musisi Australia menemukan kesamaan di antara lagu-lagu itu di bulan Desember, ketika seorang penggemar menyapa Rae di Twitter menanyakan apakah ia telah mendengar lagu baru McGraw and Hill “karena itu terdengar seperti When I Found You’.”

Para musisi itu mendengarnya, dan merasa tak senang. Mereka membicarakan langkah-langkah apa yang harus mereka ambil. Pada titik ini, menurut pengaduan tersebut, situasinya semakin rumit.

Gugatan tersebut menuduh Tim Holland, pacar Rae, tahu tentang kesamaan lagu itu sebelum lagu McGraw/Hill merilisnya karena pekerjaannya dengan Sony Music Australia.

“Penggugat menjadi curiga bahwa bukan hanya Holland yang mengetahui peniruan lagu When I Found You oleh Tergugat Penulis jauh-jauh hari sebelum rilis Rekaman Lagu itu, tapi juga bahwa ia berperan penting dalam membawa pekerjaan Penggugat ke perhatian Tergugat dan kemungkinan menyediakan akses terhadapnya,” begitu tulis gugatan tersebut.

“Tentu saja, ini menantang kredibilitas untuk percaya bahwa kebetulan saja Rekaman Suara Yang Melanggar, tiruan kata demi kata dalam lagu, ini dibuat tanpa akses yang diberikan oleh Holland, ketika Holland adalah pacar dari salah satu penulis lagu tersebut. ”

Pengaduan tersebut juga menunjukkan bahwa Ed Sheeran mungkin pernah mendengar lagu itu di radio saat ia sedang tur ke Australia. “Ada sejumlah cara tambahan yang membuat Tergugat Penulis bisa mendengar lagu ‘When I Found You’, paling tidak itu karena popularitas Lagu itu di Spotify dan YouTube,” sebutnya.

Lagu McGraw/Hill itu begitu populer, dengan lebih dari 8 juta pendengar di Spotify. Album dengan nama yang sama masuk ke nomor dua di tangga lagu Billboard. Gugatan tersebut terjadi beberapa hari setelah perselisihan terkait hak cipta antara grup musik Radiohead dan penyanyi Lana Del Ray. (NDHIK)

LEAVE A REPLY