Penutupan Bandara Malang Diperpanjang, 1000 Penumpang Batal Terbang

0
529
Bromos meletus (foto: http://g-news.co)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: PENUTUPAN Bandar Udara Abdurrahman Saleh Malang, diperpanjang. Mengingat, hingga kini aktivitas Gunung Bromo masih erupsi sehingga menanggu perjalanan pesawat udara.
Akibatnya, hari ini saja sebanyak 1.000 penumpang batal terbang.

“Sesuai Notam (Notice to Airman) Nomor C0108/16, Bandara Abdurahman Saleh – Malang penutupannya masih diperpanjang sampai estimasi Minggu (10/01) pukul 07.30 WIB karena masih terdampak aktifitas Gunung Tengger Caldera (debu vulkanik),” jelas Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J.A. Barata melalui pesan singkat, Sabtu (9/1).

Bandara Abdurrahman Saleh telah ditutup sejak Jumat (8/1) pagi pukul 07.30 WIB. Penutupan terjadi karena adanya semburan abu vulkanik dari Gunung Bromo yang mengarah ke barat daya.

Semburan tersebut mengganggu aktivitas penerbangan baik dari maupun menuju Bandara Abdurrahman Saleh. Sesuai Notam awal, seharusnya bandara yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Hubungan Udara itu dibuka pada Sabtu (9/1) pukul 07.30 WIB. Namun karena aktivitas vulkanik Gunung Bromo tak mereda, penutupan diperpanjang hingga esok pagi.

Dengan ditutupnya Bandara Abdurrahman Saleh, secara otomatis beberapa rute penerbangan pun dihentikan untuk sementara waktu. Maskapai penerbangan Batik Air dan Wings Air yang memiliki rute dari dan menuju Malang juga ditutup sementara hingga kembali dibukanya bandara tersebut.

Menurut Kasubag Tata Usaha UPT Bandara Abdulrachman Saleh, Kholili, setiap hari sedikitnya 900 penumpang melakukan penerbangan. Namun di akhir pekan seperti saat ini, calon penumpang membeludak hingga 1.000 orang.

Lebih lanjut, otoritas bandara terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak guna melakukan pemantauan cuaca. Bandara Abdulrachman Saleh akan kembali dibuka jika cuaca sudah normal. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.