Penumpang Menumpuk, Operator Ajukan “Extra Flight”

0
121

BALI, bisniswisata.co.id,- PASCA dibuka kembali layanan penerbangan di bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali terjadi penumpukan penumpang baik di voyer terminal, ruang check-in, ruang tunggu terminal keberangkatan. Dalam pengamatan bisniswisata.co.id di terminal keberangkatan internasional, antrian mengular dari setiap counter dan saling menghalangi antar satu antrian ke antrian counter operator yang lain.

Sementara di terminal keberangkatan domestik nampak normal- normal saja. Penumpukan penumpang baik di terminal keberangkatan internasional mau pun domestik berangsur mengurai dengan berjalannya proses pemberangkatan pesawat.

“Semalam – setelah ditetapkan dibuka pukul 15.00 wita, 29 November —  hingga pukul 21.00 ada 20 pesawat meninggalkan Bali, 16 penerbangan rute domestik dan dua penerbangan ke Kuala Lumpur, satu penerbangan  ke Singapura dan satu ke China. Enam pesawat mendarat dari luar Bali,” jelas Ka Humas PT AP I Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim

Ada pesawat dari Singapura membatalkan terbang ke Bali akibat jarak pandang kurang memadai, dan hari ini sejumlah  operator penerbangan mengajukan permohonan extra flight untuk mengakomodasi penumpukan penumpang, imbuh Arie.

Berkaitan dengan erupsi Gunung Agung Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah, mengatakan akan memangkas perizinan perubahan jadwal. “Karena darurat segala urusan perubahan penerbangan tak perlu urus di Jakarta,” kata Maria.

Operator jasa ngkutan udara berharap permohonan tambahan terbang segera mendapat keputusan sehingga penumpukan penumpang dapat diatasi. Pembatalan keberangkatan sejumlah penerbangan menjadikan penumpukan penumpang membludak. Baik mereka yang ke bandara mengurus tiket kepulangannya dan ada yang check- in lebih awal dari waktu wajar penerbangannya.

“Mereka takut bandara tutup lagi,” ungkap representative travel agent yang mengantar satu keluarga yang hendak kembali ke Inggris.

Seperti diketahui bandara Ngurah Rai melayani penerbangan per hari tidak kurang dari 450 penerbangan dari bebrapa kota di Indonesia dan negara- negara lain di dunia. * Dwi

LEAVE A REPLY