Pengembangan Bandara di Babel Pacu Pariwisata

0
962

PANGKALPINANG, BISNISWISATA.CO.ID: Pengembangan Bandara Depati Amir di Kabupaten Bangka Tengah dan Bandara HAS Hanandjoeddin Belitung Bangka Belitung (Babel) akan berdampak positif sekaligus mampu memacu perkembangan pariwisata, seiring meningkatkan aktivitas penerbangan dan harga tiket pesawat udara yang lebih murah.

“Selama ini aktivitas penerbangan di Babel masih kurang, sehingga berdampak tingginya tarif tiket pesawat karena kurangnya persaingan maskapai udara,” papar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Babel, KA Tajuddin di Pangkalpinang, seperti diunduh laman Antara, Kamis (29/1/2015).

Diakuinya, maskapai penerbangan Indonesia yang singgah di Babel, masih sangat terbatas. Keterbatasan ini berdampak kurangnya kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) maupun mancanegara (wisman) masih sangat rendah. Selain itu, jalur rute penerbangan dari Babel ke kota lain di penjuru nusantara masih sangat sedikit.

“Kondisi ini berdampak mahalnya harga tiket pesawat, karena harus terbang sampai dua tiga kali. Dengan kata lain tal ada penerbangan langsung dari ke Babel ke destinasi kota lainnya,” ungkapnya.

Kunjungan wisatawan domestik dan asing ke Babel) hingga November 2014 mencapai 234.000 orang atau meningkat tajam dibandingkan tahun sebelumnya 94.000 orang. Diperkirakan kunjungan wisatawan hingga Desember 2014 mencapai 300 ribu orang.

Tahun 2015, Babel menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 400.000 kunjungan lebih seiring ditingkatkannya sarana dan prasarana objek wisata di Pulau Bangka dan Belitung. “Kami optimistis kunjungan wisatawan akan meningkat, apalagi adanya pengembangan landasan pacu penerbangan di bandara di Kabupaten Bangka Tengah dan Belitung,” ujarnya.

Selain itu, peningkatan sarana obyek wisata juga ditingkatkan untuk kenyamanan wisatawan untuk menikmati keindahan alam dan budaya masyarakat yang unik. “Keindahan alam dan budaya yang beragam ini menjadi salah satu daya tarik wisawatan mengunjungi daerah berjulukan Laskar Pelangi ini,” ujarnya.

Saat ini, Bangka Belitung merupakan salah satu destinasi wisata yang diminati wisatawan domestik dan mancanegara karena menikmati keindahan laut dan pantai yang indah serta eksotik. “Saat ini, Babel merupakan surga wisata bahari yang tidak kalah dengan Lombok atau Bali,” tambah Tajuddin. ****

LEAVE A REPLY