Pengelola Desa Wisata Se-Jateng Bersatu Tingkatkan Desa Wisata

0
566
Wisata sepeda di desa wisata Pentingsari Kaliurang (Foto: http://javabalitranswisata.com)

PURBALINGGA, test.test.bisniswisata.co.id: Kabupaten Purbalingga bakal menjadi tuan rumah pertemuan pengelola desa wisata se-Jawa Tengah, kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga Prayitno.

“Kegiatan yang diselenggarakan FK Deswita (Forum Komunikasi Desa Wisata) Jateng pada tanggal 26-27 Agustus 2016 itu akan dipusatkan di Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang,” katanya di Purbalingga, Rabu (24/8/2016).

Menurut dia, Panusupan dipilih sebagai lokasi kegiatan karena dinilai memiliki kemajuan yang pesat dalam pengembangan desa wisata di Jateng. Bahkan saat jambore kelompok sadar wisata yang digelar pada akhir bulan Juli 2016, Desa Panusupan mampu menjuarai tiga dari empat nomor kejuaraan yang dilombakan.

Sementara dalam hal kelembagaan pengelolaan desa wisata, lanjut dia, Panusupan ditetapkan sebagai terbaik ketiga se-Jateng pada tahun 2016. Pertemuan FK Deswita merupakan ajang tukar pengalaman dan informasi dalam pengembangan desa wisata se-Jateng yang digelar setiap tiga bulan sekali. “Berbagai hal dibahas agar pengembangan desa wisata terus meningkat dan mampu menggerakkan perekonomian warga di desa,” katanya.

Selain dipercaya sebagai tuan rumah pertemuan FK Deswita, kata dia, Desa wisata Panusupan dalam waktu dekat juga disertakan dalam lomba pengelolaan desa wisata tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata.

Menurut dia, perwakilan pengelola Desa Wisata Panusupan juga mendapat kesempatan untuk mengikuti temu mitra pengelola desa wisata di Bali yang difasilitasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 28 Agustus hingga 1 September 2016. (*/ANO)

LEAVE A REPLY