Penelitian: Lagu Justin Bieber Merusak Kesenangan Saat Makan

0
431

INGGRIS, test.test.bisniswisata.co.id: UNIVERSITY of Oxford mengungkapkan sebuah temuan menarik terkait hubungan musik dari beberapa musisi dengan beragam jenis makanan. Salah satu yang cukup unik ialah lagu-lagu milik Taylor Swift dapat membuat makanan terasa lebih lezat saat disantap.

Profesor dari University of Oxford, Charles Spence mengungkapkan bahwa lagu-lagu yang dibawakan Taylor Swift, khususnya “Blank Space”, akan membuat rasa makanan khas Cina menjadi lebih lezat. Hal yang sama juga terjadi pada lagu-lagu milik musisi Bruce Springs yang membuat makanan khas India terasa lebih lezat.

Sebaliknya, Spence mengungkapkan lagu Justin Bieber bertajuk “Baby” justru merusak kesenangan dalam menyantap hampir semua jenis makanan, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (31/12/2015).

Spence mengungkapkan hal tersebut bukan tanpa dasar, melainkan berdasarkan sebuah penelitian ilmiah terkait hubungan antara beragam genre dengan rasa makanan. Dalam penelitian tersebut, Spence melibatkan 700 relawan yang ia minta untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan sambil mendengarkan beragam jenis musik.

Setelahnya, Spence meminta tiap relawan menilai rasa dari makanan yang mereka makan dengan skala satu sampai 10. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa para relawan menilai makanan yang mereka makan dengan nilai lebih tinggi ketika mendengarkan musik-musik tertentu.

Dari penelitian tersebut, Spence menyimpulkan bahwa genre musik yang dibawakan band indie rock seperti “Arctic Monkeys” akan membuat rasa pedas kari menjadi lebih ‘nendang’. Sedangkan musik bergenre pop seperti “Blank Space” milik Taylor Swift hingga “Sing” milik Ed Sheeran membuat masakan khas Cina terasa lebih menggoyang lidah.

Di samping itu, Spence juga mengungkapkan bahwa lagu yang dinyanyikan penyanyi opera seperti Nesson Dorma dan musik klasik, misalnya Vivaldi, dapat membuat kelezatan masakan khas Italia meningkat.

Musik bergenre jazz serta klasik seperti yang dibawakan oleh Sinatra dan Nina Simone diketahui juga membuat sushi dan masakan Thailand terasa lebih sedap. Di sisi lain, Spence juga menemukan bahwa lagu atau musik bergenre “dance” dan “hip hop” tidak memiliki efek dan bahkan mengurangi kesenangan dalam menikmati makanan. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY