Pembangunan Bandara di Banten Dongkrak Ekonomi Rakyat

0
415

LEBAK, test.test.bisniswisata.co.id: KETUA Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten Mulyadi Jayabaya menyatakan pembangunan bandar udara internasional di Kecamatan Curugbitung dapat menumbuhkan sekaligus mendongkrak ekonomi masyarakat Kabupaten Lebak.

“Kami berharap Menteri Perhubungan Ignatius Jonan mengeluarkan perizinan pembangunan bandara itu, sehingga bisa direalisasikan dalam waktu dekat,” kata Mulyadi di Lebak.

Kehadiran bandara internasional itu, sambung dia, tentu berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat Kabupaten Lebak dan dipastikan akan lepas dari ketertinggalannya. Kabupaten Lebak hingga kini masih menyandang daerah tertinggal.

Karena itu, melalui pembangunan bandara diharapkan Kabupaten Lebak bisa sejajar dengan wilayah utara, seperti Tangerang. “Kami yakin Lebak akan lebih maju jika memiliki bandara itu.” lontarnya seperti dikutip laman Antaranews, Minggu (18/10/2015).

Menurutnya, kehadiran bandara itu secara langsung akan membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Lebak dari berbagai sektor, di antaranya pariwisata dan produk-produk andalan daerah hasil komoditas peternakan, pertanian, perkebunan dan pertambangan.

Begitu juga pembangunan bandara tersebut akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi tenaga lokal untuk menopang pertumbuhan bidang perdagangan, jasa dan industri. Selain itu, the kehadiran badara tersebut juga dapat mendatangkan sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) cukup besar.

Pembangunan bandara tersebut tentu akan terlayani akses transportasi darat dengan dioperasikan double track atau jalur ganda Commuter Line juga jalan tol serta jalan antarkabupaten. Pemerintah daerah mendorong pembangunan bandara internasional yang akan dilaksanakan PT Maja Raya Indah Semesta (MRIS) sebagai mitra Lion Grup. (*/ndy)

LEAVE A REPLY