Pembalap 18 Negara Marakkan Tour de Lombok Mandalika

0
43
Balap sepeda (Foto: akurat.co)

MATARAM, bisniswisata.co.id: Pembalap dari 18 negara dipastikan menyemarakkan balap sepeda internasional bertajuk “Tour de Lombok Mandalika” 2018. Event ini akan digelar pada 13-15 April, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Para pebalap akan memperebutkan point Uni Cyliste Internationale (UCI) 2.2 juga hadiah tunai yang totalnya mencapai Rp 350 juta.

Tour sepeda yang berlisensi UCI 2.2 ini, dilaksanakan dalam tiga etape balap. Seluruh rutenya, menjelajahi destinasi wisata yang ada di lombok, papar Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Mohammad Faozal dalam keterangan yang diterima Bisniswisata.co.id, Rabu (4/4/2018).

Etape pertama, melintas Kuta Mandalika-Kota Mataram yang menempuh jarak sekitar 84,4 kilometer. Rute ini akan mengambil start di Pantai Kuta di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah dan finish di depan kantor Gubernur NTB di Jalan Pejanggik, Kota Mataram.

Etape kedua, ada rute Mataram – Sembalun, Lombok Timur, yang siap dieksplor. Sementara etape ketiga, ada sirkuit di Kota Mataram yang siap menanti. “Semua destinasi wisata yang akan dilintasi para pebalap TdLM 2018 kita persiapkan lebih matang lagi, lebih baik lagi dan lebih mengendepankan promosi wisata Lombok agar lebih mendunia,” ungkapnya.

Memang, lanjut dia, event sport tourism ini menjadi salah satu promosi positif bagi pariwisata NTB. “Ini sekaligus upaya mendorong Lombok menjadi destinasi sport tourism berskala internasional,” jelas Faozal.

Perwakilan PB ISSI, Yunita menjelaskan, event TdLM 2018 berlisensi UCI 2.2 diikuti sekitar 18 tim pebalap sepeda dari 18 negara. Setiap tim rata-rata terdiri dari lima orang. “Ada 18 tim dari 18 negara yang ikut dalam TdLM 2018 ini, seperti dari Malaysia, Jepang, Australia, Kazakhtan, Tiongkok, dan negara lainnya. Timnas Indonesia juga ikut dalam kegiatan ini,” sebut Yunita. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY