Pelancong Indonesia Tergolong Tipe Spontan Kedua di Dunia

0
156

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Pelancong Indonesia yang disebut sebagai generasi millenial sukses menyabet peringkat kedua sebagai pelancong paling spontan di dunia dari 20 negara yang disurvey yang dilakukan Travel & Tech Agoda. Urutan teratas ditempat negara Arab Saudi.

Ini menunjukkan sudah menjadi kebiasaan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum berlibur. Semakin jauh jarak waktu persiapannya, maka semakin baik. Jika selama ini kamu merasa sudah menjadi traveller yang penuh persiapan dan perhitungan, sebaiknya tinjau kembali pemikiran tersebut.

Dalam penelitian Travel & Tech Agoda melibatkan 20 negara di dunia, terungkap bahwa generasi millenial Indonesia rata-rata melakukan reservasi tiket dan penginapan 18 hari sebelum liburan dimulai. Hal ini berlaku untuk liburan domestik maupun mancanegara. Temuan ini sukses menempatkan Indonesia pada urutan kedua setelah Arab Saudi.

Negara Timur Tengah ini memimpin dengan rata-rata waktu persiapan liburan selama 16,9 hari saja. Sedangkan di urutan ketiga, ada Vietnam dengan lead times selama 18,7 hari.

Lead times sendiri merupakan istilah yang diberi untuk tindakan reservasi akomodasi lebih awal sebelum berlibur. Di kawasan Asia Tenggara, nilai lead times masyarakat Indonesia melakukan reservasi akomodasi Agoda hampir mencakup setengah dari lead times masyarakat Singapura yang rata-rata melakukan reservasi 33 hari sebelum berlibur.

Gelar wisatawan dengan persiapan paling matang di dunia justru jatuh pada warga Hong Kong. Bayangkan saja, orang Hong Kong sudah mulai melakukan reservasi perjalanan sejak 49,4 hari sebelum liburannya dimulai.

Segalanya dilakukan dengan perencanaan penuh perhitungan. Mulai dari pembelian tiket pesawat, reservasi hotel, hingga penyusunan agenda destinasi wisata yang akan dikunjungi. Setelahnya, ada Rusia dengan 46,4 hari dan Australia dengan 44,3 hari.

Generasi melancong di Indonesia jelas merupakan generasi yang spesial. Mereka punya rasa percaya diri yang lebih dibanding generasi sebelumnya. Ketika mereka mengunjungi agoda, mereka ingin tahu bahwa mereka bisa mendapatkan harga terbaik dan kemudahan.

“Kami juga yakin Anda akan merasakan pengalaman reservasi yang mudah. Dengan konfirmasi instan, Anda dapat melakukan reservasi kapan saja bahkan satu jam sebelumnya. Ditambah dengan fitur bebas biaya pembatalan jika Anda berubah pikiran,” jelas Gede Gunawan, Country Director agoda International Indonesia dalam siaran pers yang diterima Bisniswisata.co.id, Kamis (5/10/2017). (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY