Pelancong Asing Melancong ke Kalbar Meningkat

0
37
Turis asing kunjungi Kalimantan Barat (Foto:detiktravel.com)

PONTIANAK, Bisniswisata.co.id: Kalimantan Barat memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sana. Terbukti, Badan Pusat Statistik (BPS) Kalbar mencatat Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang datang ke Kalbar pada September 2017 mencapai 4.342 kunjungan.

“Kunjungan Wisman pada September meningkat 10,65% dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata Kepala BPS Kalbar, Pitono di Pontianak, seperti diunduh laman Antara, Kamis (2/11/2017).

Pitono menjelaskan kunjungan Wisman ke Kalbar melalui dua pintu masuk yakni PLBN Entikong dan Bandara Internasional Supadio Pontianak.
Kunjungan Wisman melalui PLBN Entikong sebesar 2.205 kunjungan. Sedangkan yang melalui Bandara Supadio Pontianak sebesar 2.137 kunjungan.

“Saat ini kunjungan Wisman ke Kalbar didominasi melalui Bandara Supadio Pontianak. Sedangkan sebelumnya saat tidak ada penerbangan langsung dari Pontianak – Kuching PP masih didominasi PLBN Entikong,” kata dia.

Sementara Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Kalbar pada September 2017 baru mencapai 50,12%. Sedangkan untuk TPK hotel nonberbintang jauh lebih rendah yakni hanya 31,80%. “Kemudian untuk rata – rata lama menginap tamu hotel berbintang di Kalbar 1,70 hari. Sedangkan untuk hotel nonberbintang 1,43 hari saja,” papanya.

Tempat wisata di Kalbar cukup banyak dan beragam, mulai dari wisata bahari, wisata sejarah dan budaya, hingga wisata religi. Provinsi yang memiliki julukan “Seribu Sungai” ini memiliki keunikan tersendiri, dimana berbagai macam obyek wisatanya mampu menggaet wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Kalbar tercatat memiliki 446 destinasi Wisata. dari jumlah itu, ada beberapa 10 obyek wisata yang paling hits dan ngetrend sehingga banyak disambangi wisatawan nusantara maupun mancanegara, antara lain: Danau Sentarum (Pontianak), Pantai Tanjung Bajau (Singkawang), Bukit Kelam (Sintang), Pantai Batu Nenek (Sambas), Air Terjun Pancur Aji (Sanggau).

Pulau Lemukutan (Singkawang), Pantai Kijing (Singkawang), Pantai Kura-Kura (Singkawang), Hutan Wisata Baning (Sintang), Taman Nasional Betung Karihun (Pontianak), Taman Bougenville (Singkawang), Pulau Randayan (Singkawang), Air Terjun Banangar, Jalur Lintas Alam, Air Terjun Riam Merasap (Sambas), Pantai Pulau Datok (Sukadana), Pantai Temajuk (Sambas), Gunung Palung National Park, Taman Nasional Gunung Palong, Taman Nasional Danau Sentarum dan Hutan Kota (Ketapang) (*/BBS)

LEAVE A REPLY