Pedagang Kuliner Solo Wajib Cantumkan Daftar Harga

0
51
Soto Gading Solo

SOLO, Bisniswisata.co.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah menyusun aturan ditujukan bagi pedagang kuliner di kota Solo Jawa tengah. Aturan baru ini agar mencantumkan daftar harga pada makanan dan minuman yang dijajakan kepada pembeli.

“Aturan ini akan dikeluarkan dalam bentuk peraturan wali kota. Kami berlakukan aturan tentang daftar harga pada Desember mendatang. Sekarang sedang disusun perwalinya,” ujar Subagiyo, Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Rabu (15/11/2017).

Dilanjutkan, ke depannya pedagang kuliner wajib mencantumkan daftar harga di tempat berjualan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk melindungi konsumen serta mengontrol harga kuliner di Solo.

Selain itu, lanjut dia, aturan ini juga untuk mencegah pedagang kuliner memasang harga berlipat ganda bagi wisatawan yang baru berkunjung ke Solo. Pedagang yang tidak mencantumkan daftar harga di tempat berjualan, terancam dikenakan sanksi. “Kami beri teguran dulu sampai tiga kali, tak digubris juga bisa sampai penutupan,” katanya.

Dikatakan, aturan tersebut diperuntukkan bagi selurruh pedagang kuliner baik pedagang kaki lima (PKL) maupun restoran. Dinas Perdagangan Solo mencatat saat ini ada sekitar lima ribu pedagang kuliner di Solo.

Meski pemkot berencana mengeluarkan aturan terkait pemasangan daftar harga. Namun, pemkot tak dapat melakukan standardisasi harga kuliner yang dijajakan. Terlebih, banyak kuliner yang telah terkenal dan memiliki kualitas makanan maupun minimuman dengan cita rasa khas yang telah dikenal masyarakat. “Kami tak berusaha menyamakan harga yang penting ada daftar harganya jadi pembeli tahu,” katanya.

Selain itu, kata Subagiyo, pedagang juga diminta untuk menyajikan makanan yang higienis. Pedagang diminta agar lebih memperhatikan aspek kebersihan baik pada makanan dan tempat berjualan.

Memang selain batik, Solo juga dikenal sebagai salah satu surga kuliner. Dari sekian puluh kuliner di Solo, ada 10 kuliner yang hits dan selalu ramai dikunjungi masyarakat dan wisatawan, bahkan kuliner ini selalu didatangi Presiden Joko Widodo saat pulang ke Solo’

# Nasi Soto Ayam Gading
Warung ini merupakan langganan Presiden Jokowi. Jangan lupakan pesan teh Nasgitel-panas, legi (manis), kental-nya dan seruput pelan-pelan, sambil dirasakan rasa sepet-nya di ujung tenggorokan. Warung ini beralamat di Jl. Gading Kidul, sekitar Alun-alun Selatan Kota Solo.

# Timlo Sastro
Makanan khas asli Solo yg menyajikan sosis goreng, telor ayam kecap dan jeroan ati ampela ayam yang lezat. Alamat warung ini ada di Jl. Kapten Mulyadi, belakang Pasar Gedhe, Solo

# Sate kambing Hj. Bejo
Warung sate satu ini sangat terkenal dengan Sate Buntelnya. Ini juga langganan Presiden Jokowi, jauh sejak beliau menjabat Walikota Solo. Traveler boleh mampir ke Jl. Lojiwetan, Solo.

# Tahu Kupat Solichin
Kuliner ini adalah sajian khas tahu dan kupat dengan kuah kecap kental. Traveler bisa menikmatinya di Jl Gajah Mada, sebelah Masjid Solichin, Solo.

# Bakmi Jawa Radjiman
Warung bakmi Jawa satu ini juga menyediakan berbagai masakan khas lain seperti Bestik Solo, nasi mawut dan sebagainya. Nasi mawut adalah sajian asi dan mie dicampur mawut jadi satu kesatuan rasa yang khas. Traveler melipir saja ke Jl. Dr. Radjiman, seberang Masjid Fatimah, Solo.

# Rujak Cingur Prabu
Bila traveler ke sini, pesan Lotek dan Gado-gadonya yang jauh lebih mantap dari nama warungnya sendiri. Alamatnya ada di sekitar Jl. Widuran, Solo.

# Selat Solo Mba Lies
Satu lagi makanan khas Solo, yaitu Selat Solo. Sajian kuliner satu ini merupakan ‘fresh-salad’ ala Solo. Traveler dapat menikmatinya di sekitar Jalan Veteran, Solo.

# Gudeg Ceker Mba Yus
Bila mampir ke seini, selain ceker ayamnya, tahu gorengnya juga sangat maknyus. Lokasinya ada di Seberang Keraton Mangkunegaran, Solo.

# Nasi Liwet Bu Sarmi
Nasi liwet juga merupakan sajian kuliner khas dari Solo. Satu tempat yang direkomedasikan adalah warung milik Bu Sarmi ini. Alamatnya berada di sekitar Jl. Lojiwetan, Solo.

#. Nasi Pecel Grogol
Warung pecel satu ini punya sajian sop matahari khas Solo yang akan membangkitkan nostalgia masa lalu bagi para penikmatnya. Traveler bisa mampir ke alamat di sekitar Jl. Grogol, Solo. (*/BBS)

LEAVE A REPLY