Paspor Jepang Kini Paling Sakti di Dunia

0
95
Paspor Jepang

SINGAPURA, bisniswisata.co.id: Jepang mengambil alih posisi Singapura sebagai paspor sakti di dunia. Demikian klaim tahun 2018 dari Henley Passport Index, Henley & Partners melalui siaran pers tertanggal 9 Oktober 2018.

Setelah mendapatkan akses bebas visa ke Myanmar awal bulan ini, Jepang kini bisa menikmati akses bebas visa / visa-on-arrival ke 190 tujuan. Jumlah tersebut mengalahkan kekuatan Singapura yang hanya memiliki 189 tujuan, dan membuat negara itu berada di posisi kedua dalam indeks kekuatan paspor.

“Keduanya bersaing ketat sejak mereka berdua naik ke tempat pertama pada bulan Februari,” kata pernyataan tertulis yang dikutip dari Channel News Asia, Kamis (11/10/2018).

Pada kuartal ini, Jerman jatuh dari peringkat kedua sebelumnya, berbagi tempat ketiga dengan Korea Selatan dan Prancis. Sementara Denmark, Finlandia, Italia, Swedia dan Spanyol semuanya masuk di urutan keempat, dengan 187 tujuan akses bebas visa. Dan, Amerika Serikat dan Kerajaan Inggris meluncur turun dari tempat keempat ke posisi kelima.

“Dengan kegiatan visa keluar yang stagnan dibandingkan dengan rivalnya yang berkinerja tinggi seperti Jepang, Singapura dan Korea Selatan, tampaknya semakin tidak mungkin bahwa AS dan Inggris akan mendapatkan kembali posisi nomor satu yang diraih bersama pada tahun 2015,” kata siaran pers tersebut.

Dalam indeks kekuatan paspor tersebut, Irak dan Afghanistan berada di posisi paling bawah, dengan hanya 30 tujuan yang dapat diakses oleh warganya.

The Henley Passport Index menghitung peringkat kekuatan semua paspor di dunia menurut jumlah negara bebas visa yang dapat dimasuki pemegangnya. “Ini selalu diperbarui, ketika ada perubahan kebijakan visa mulai berlaku,” imbuh pihak Henley and Partners.

Peringkat ini didasarkan pada data dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional dan penelitian internal. Oktober tahun 2017, perusahaan penasihat keuangan global Arton Capital menyebut Singapura sebagai paspor paling kuat di dunia.

Dari sekian banyak paspor di dunia, paspor The Sovereign Military Order of Malta dikenal sebagai paspor paling langka di dunia. Hanya tiga buah yang pernah dikeluarkan yaitu untuk grand master, wakil grand master, dan kanselir.

Paspor tersebut dikeluarkan pada Abad Pertengahan saat pemerintahannya masih bernama the Sovereign Military Hospitaller Order of Saint John of Jerusalem of Rhodes and of Malta.

Lebih lengkapnya, menurut Business Insider, paspor tersebut berasal dari Crusader Knights Hospitaller pada tahun 1099. Pemerintahan tersebut kehilangan pulau Malta pada tahun 1800, dan sejak saat itu, mengeluarkan perangko, mata uang, dan paspornya sendiri. Dan sejak saat itu, paspor The Sovereign Military Order of Malta tak pernah lagi diterbitkan. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.