Pariwisata Sulut Berambisi Jadi Tujuan Wisata Paling Menarik

0
594
Wisatawan asing berwisata ke desa wisata Bahoi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. (foto: Kompas.com)

MANADO, test.test.bisniswisata.co.id: Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Soni Sumarsono optimistis pariwisata Sulawesi Utara dapat bersaing dengan daerah-daerah lain. Bahkan yakin daerah nyiur melambai, dapat menjadi tujuan wisata paling menarik di Indonesia sesudah Bali.

“Kita harus bekerja keras dan bekerja bersama-sama untuk dapat mempromosikan Sulawesi Utara dan menarik wisatawan sebanyak-banyaknya,” kata Soni dalam dialog dengan jajaran Kantor Wilayah BRI Manado dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara di Kantor Wilayah BRI Manado, Rabu (13/1).

Dikatakan, pariwisata Sulut dapat semakin menarik dan maju apabila ada kerja sama dari para pihak dengan mengembangkan pola public-private-people partnership. Pola pembangunan saat ini harus lebih melibatkan banyak pihak, termasuk di dalamnya dalam pengembangan pariwisata Sulawesi Utara.

Menurutnya, berbagai upaya dapat dilakukan untuk membuat Sulawesi Utara semakin kompetitif antara lain membuka penerbangan internasional langsung ke sejumlah pusat pariwisata dan perdagangan dunia terutama ke Asia Timur dan Pasifik, menyiapkan lokasi-lokasi tujuan wisata yang menarik dan representatif, menyiapkan sumber daya manusia yang dapat menunjangnya serta mengembangkan budaya lokal yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

“Semuanya harus dapat dipersiapkan, termasuk di dalamnya bagaimana menerima tamu dengan senyum yang menarik. Pariwisata itu identik dengan senyum dan masyarakat daerah ini dikenal sebagai smiling people. Ini menjadi kekuatan Sulawesi Utara,” kata Dirjen Otonomi Daerah Kemdagri.

Berkaitan dengan keterlibatan dan partisipasi para pihak, Soni mendorong kalangan perbankan dalam hal ini BRI serta Persatuan Wartawan Indonesia untuk dapat menopang upaya-upaya pengembangan apalagi dengan pemberitaan serta penyiapan infrastruktur pariwisata agar semakin menarik.

Ditambahkan, dalam rangka pengembangan pariwisata Sulawesi Utara, semua pihak diharapkan dapat menjadi duta wisata untuk mempromosikan daerah ini dengan tagline “Mari Jo Ka Manado” (Ayo Ke Manado).

Pemimpin Wilayah BRI Manado, Yoshua Hutapea merespons positif program Pemerintah Sulawesi Utara untuk kampanye wisata ke Manado. Oleh karenanya, BRI secara proaktif menyiapkan media-media promosi seperti kartu Brizzi (uang elektronik) edisi “Mari Jo Ke Bunaken”, mempercantik lokasi wisata Pulau Bunaken, serta menyiapkan layanan perbankan yang pro-wisata. “Kita juga menyiapkan kredit-kredit produktif untuk para pelaku usaha wisata,” kata Yoshua. (*/e)

LEAVE A REPLY