Pariwisata NTT Sabet Juara Anugerah Pesona Indonesia 2016

1
701
Kampung Benah Bejawa NTT andalan baru pariwisata NTT (Foto: dians999.wordpress.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Kerja keras Nusa Tenggara Timur (NTT) mengembangkan sekaligus memajukan pariwisata membuahkan hasil. Dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2016, NTT menyabet juara umum mengalahkan propinsi lainnya. Gelar juara ini dari hasil voting melalui website ayojalanjalan.com/vote sejak 23 Mei 2016 hingga 23 Agustus 2016.

“Prestasi menjadi juara umum akan membangkitkan apresiasi masyarakat NTT terhadap kemajuan pariwisata. Saya bangga, gembira dan bersyukur atas penghargaan ini, dan menunjukkan apa yang kita lakukan mengembangkan pariwisata tidak sia-sia,” papar Gubernur NTT Frans Lebu Raya usai menerima penghargaan yang diserahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona Kemenpar Jakarta, Jumat (16/09/2016).

Menurutnya, Anugerah Pesona Indonesia merupakan rangkaian kegiatan tahunan sebagai upaya dan langkah membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Juga mendorong peran serta berbagai pihak terutama para pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.

“Saya minta semua masyarakat NTT, terutama rekan media selalu mempromosikan budaya dan pariwisata di NTT agar NTT semakin mendunia, bahkan dengan penghargaan ini pariwisata NTT bisa mendunia, semakin dikenal masyarakat internasional,” lontarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengemukakan dengan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia ini, dapat membangkitkan semangat pariwisata daerah agar terus memajukan, menjaga lingkungan dan kebersihan, melayani wisatawan dengan sepenuh hati dan memegang tegih hospitality.

“Dengan kemenangan NTT sebagai juara umum dalam ajang ini, pariwisata NTT bisa lebih maju lagi, lebih mendunia sehingga didatangi banyak wisatawan nasional dan internasional,” harapnya.

Dan yang lebih penting lagi, sambung Menteri, dunia saat ini sudah era digital. Pariwisata Indonesia sudah mengikutinya. Namun daerah-daerah masih ada yang belum mengikuti era digital itu. “Jangan sampai kita tertingal dengan era digital. Daerah yang tidak mengikuti era digital akan tertinggal pariwisatanya,” tuturnya.

Mengingat, 70 wisatawan nasional maupun internasional selalu searching sebelum datang di destinasi wisata yang akan didatangi. Selain itu, melakukan promosi wisata melalui digital media, nilai ekonominya lebih murah, lebih mengena sasaran bahkan mendunia ketimbang cara konvensional.

“Ini kesempatan bagi kita semua, termasuk daerah-daerah untuk mempromosikan pariwisata melalui digital media. Derah juga bisa mengandeng anak-anak muda untuk menangani digitalnya, kalau yang sudah tua pasti susah,” celotehnya.

Ketua Penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia 2016, Mohammad Syafaat mengatakan hasil data votes yang direkapitulasi didapatkan sebanyak 53.097 votes untuk semua kategori. “Yang cukup menggembirakan dari data itu hasil penelusuran alamat VIP (IP Adress) kami mendapatkan sejumlah 4.331 atau lebih dari 8 % votes dari mancanegara seperti Amerika, India, Canada, dan berbagai negara lainnya,” ungkapnya.

Hal ini membuktikan, kata Syafaat juga CEO ayojalanjlan.com, bahwa kegiatan Anugerah Pesona Indonesia 2016 juga membawa dampak positif bagi promosi pariwisata Indonesia di mancanegara. “Mudah-mudahan pada penyelenggaraan di tahun tahun berikutnya, angka tersebut akan lebih meningkat lagi agar pariwisata Indonesia dapat lebih mendunia,” paparnya.

Berikut kategori yang disabet NTT dalam Anugerah Pesona Indonesia 2016:

– Kategori Tempat Berselancar Terpopuler (Most Popular Surfing Spot), Pantai Nemberala, Rote, juara 1
– Kategori Tujuan Wisata Terpopuler Kebersihan (Most Popular Cleanliness), Pantai Nihiwatu, Sumba Barat, juara 1
– Kategori Situs Sejarah Terpopuler (Most Popular Historical Site), Situs Bung Karno di Ende, juara 1
– Kategori Tempat Menyelam Terpopuler (Most Popular Diving Spot), Pulau Alor, juara 1
– Kategori Atraksi Budaya Terpopuler (Most Popular Cultural Atraction), Pasola, Sumba Barat Daya, juara 2
– Kategori Dataran Tinggi Terpopuler (Most Popular Highland), Danau Kelimutu, Ende, juara 3
(endy)