Pariwisata Indonesia Sabet 9 TripAdvisor Travellers Choice Award

0
296
Wisatawan asing di destinasi wisata Ubud yang asri (foto: http://www.diktatphotography.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: TripAdvisor Travellers Choice kembali memberikan penghargaan kepada pariwisata Indonesia. Award diserahkan bersamaan event PATA Travel Mart 2016 di ICE BSD, Tangerang, 7-9 September 2016. Martin Verdon-Roe selaku VP Global Display Sales TripAdvisor memberikan 9 penghargaan dari empat kategori yang berbeda. Empat kategori tersebut yaitu Destinations tourism, Island, Landmark, dan Beaches.

Masing-masing kategori memiliki penilaian tersendiri. Untuk kategori Landmarks dan Beaches didasarkan pada ulasan dan opini wisatawan yang me-review tempat tersebut di

TripAdvisor. Sedangkan untuk kategori Islands dan Destinations merupakan gabungan kualitas dan kuantitas ulasan serta peringkat dari hotel, atraksi wisata, dan restoran, papar Martin dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi di Jakarta, Kamis (08/09/2016).

Indonesia patut berbangga dengan peraihan sejumlah penghargaan ini, mengingat para pemenang dipilih berdasarkan jutaan ulasan dan opini yang dibuat wisatawan di seluruh dunia

dalam waktu setahun. Bahkan bagi Indonesia, award ini sangat bernilai, membanggakan. Maklum, sebagai situs ulasan pariwisata, sejak tahun 2000 TripAdvisor telah menjadi rujukan para calon wisatawan dunia untuk berwisata. Rata-rata setiap bulannya TripAdvisor dikunjungi 350 juta unique user. Datanya, bisa di-cross check di TripAdvisor log files, Q2 2016.

Penyebarannya pun luas. Sudah ada 48 negara yang menggunakan TripAdvisor sebagai panduan berwisata. Dan sekarang, sudah ada 6,6 juta akomodasi, restoran dan atraksi wisata di berbagai belahan dunia yang bergabung di TripAdvisor. Ulasan yang terjaring pun terbilang fantastis. Jumlahnya mencapai 385 juta ulasan. “Award itu menaikkan level 3C kita, confidence, credibility y dan calibration. Ini sangat membanggakan,” tutur I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar.

Dijelaskan, pemenang penghargaan TripAdvisor Travellers ‘Choice dipilih berdasarkan jutaan ulasan dan opini yang dibuat wisatawan seluruh dunia. Semua dihimpun dari penilaian 12 Bulan. “Pemilihan penghargaan ini menggunakan algoritma yang memperhitungkan kualitas dan kuantitas ulasan, peringkat dan penilaian yang objektif pada setiap kategori penghargaan. Jadi semuanya dihitung secara fair,” tambahnya.

Tahun 2016 ini, Indonesia menerima sembilan penghargaan TripAdvisor Travellers ‘Choice Award dalam lingkup Global dan Asia dari empat kategori. Empat kategori itu adalah destinations, islands, landmarks dan beaches. Masing-masing kategori ini memiliki penilaian tersendiri. Bagi kategori Landmarks dan Beaches didasarkan pada ulasan dan opini wisatawan yang mengulas tempat tersebut di TripAdvisor.

Untuk kategori Islands dan Destinations merupakan gabungan kualitas dan kuantitas ulasan serta peringkat dari hotel, atraksi wisata dan restoran serta kecenderungan booking melalui TripAdvisor pada pulau maupun destinasi yang terpilih. “Ada juga kategori “Top 25 Destinations in the World.” Di sini Indonesia diwakili Ubud. Peringkatnya ada di atas Dubai (13), Bangkok (15), Tokyo (21) dan Sydney (24),” terang Pitana.

Pulau Bali diganjar peringkat 5 kategori “Top 10 Islands in the World” yang juga menjadikan Pulau Dewata sebagai peringkat 1 pada lingkup Asia bersama Lombok (5) dan Gili Trawangan (6), pada lingkup kategori ini Indonesia bersaing ketat dengan Thailand dan jauh meninggalkan Malaysia. (*)

9 penghargaan yang diterima Indonesia sebagai tujuan wisata para pelancong Internasional versi TripAdvisor: Ubud – #10 Top 25 Destinations in the World – #3 Top 25 Destinations in the Asia, Bali – #5 Top 10 Islands in the World – #1 Top 10 Islands in the Asia. Lombok – #5 Top 10 Islands in Asia. Gili Trawangan – #6 Top 10 Islands in Asia

Tanah Lot Temple – #18 Top 25 Landmarks in Asia. Borobudur Temple – #21 Top 25 Landmarks in Asia. Gili Meno Beach – #11 Top 25 Beaches in Asia. Balangan Beach – #17 Top 25 Beaches in Asia dan Nusa Dua Beach – #24 Top 25 Beaches in Asia.

Dari kategori “Top 25 Destinations in the World”, Indonesia diwakili oleh Ubud memiliki peringkat di atas Dubai, Bangkok, bahkan Tokyo dan Sydney. Pulau Bali diganjar peringkat 5 kategori “Top 10 Islands in the World” yang juga menjadikan Pulau Dewata sebagai peringkat 1 pada lingkup Asia bersama Lombok dan Gili Trawangan. Pada lingkup kategori ini Indonesia bersaing ketat dengan Thailand dan jauh meninggalkan Malaysia. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY