Pariwisata Diklaim dapat Topang Ekonomi Kaltim

0
322
Wisatawan asing berwisata di Kaltim (foto: klotoktourtanjungputing.com)

SAMARINDA, test.test.bisniswisata.co.id: Pariwisata diklaim dapat menopang perekonomian Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Pariwisata ke depan diunggulkan setelah Sumbar Daya Alam (SDA) yang dimikili Kaltim habis. Diharapkan Pemprov Kaltim diminta terus menggalang dan meningkatkan potensi wisata di Kaltim.

“Kedepannya sumber daya alam kita itu pasti habis. Jadi itulah wisata Kaltim yang akan kita tonjolkan dan unggulkan,” papar Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kaltim Yahya Anja di samarinda , Jumat (22/7/2016).

Dilanjutkan, banyak tempat wisata di Kaltim yang butuh perhatian khusus. Salah satunya seperti Prasasti Mulawarman yang terletak di Kabupeten Kutai Kartanegara (Kukar).

Prasasti itu, lanjutnya, dapat dijadikan objek wisata bersejarah yang menjadi ikon dan kebanggaan Kaltim karena sejarahnya sebagai Kerajaan Hindu pertama di Indonesia. “Prasasti itu peninggalan Kerajaan Kutai yang memiliki nilai sejarah tinggi dan patut menjadi kebanggaan kita,” kata Yahya.

Kresik Luwai Taman Anggrek yang terletak di pedalaman Kubar sebagai objek wisata unggulan di Kaltim. “Anggrek hitam yang tumbuh di hutan seluas 5.000 hektar tersebut memiliki keistimewaan. Sebab anggrek hitam tersebut bisa tumbuh di pasir sepeti tumbuhan bakau,” ucapnya.

Objek wisata bahari seperti Pulau Derawan dan gugusan pulau lainnya di Kabupaten Berau. Dari wisata bahari tersebut kita dapat menikmati berbagai panorama yang sangat indah, seperti karang laut yang menawan, ikan hias, penyu hijau, mutiara laut, dan berbagai biota laut lain.

“Masih banyak lagi objek wisata lain yang tidak hanya kita ungulkan namun juga nantinya diharapkan bisa menambah pendapatan asli daerah kita,” tutur Yahya.

Menurutnya, untuk menggalakkan objek wisata tersebut Pemprov Kaltim perlu melakukan pembenahan seperti perbaikan akses menuju tempat wisata sehingga mudah dijangkau dan meningkatkan promosi.

Begitu juga dengan cara menyajikan paket-paket wisata menarik. Sebagai upaya untuk menarik wisatawan mancanegara. “Wisata kita memiliki nilai plus dan keunggulan, yakni biaya yang ditawarkan cukup murah. Untuk itu kita perlu mengemas objek-objek wisata kita dengan paket yang menarik,” ucap Yahya. (*/BIO)

LEAVE A REPLY