Papandayan Bangun Obyek Wisata Baru

0
742
Gunung Papandayan Garut

GARUT, BISNISWISATA.CO.ID: Garut terus berbenah demi kemajuan pariwisata. Dalam waktu dekat, akan membangun kawasan wisata alam baru di kawasan Gunung Papandayan. Pengembangan pusat wisata alam baru ini melibatkan Perhutani, BKSDA, dan Pemerintah Kabupaten Garut.

“Papandayan sudah menjadi ikon wisata Garut. Kami kembangkan seiring dengan adanya investor. Kami akan arahkan pengembangan kawasan wisatanya sesuai peraturan,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan di Kantor Perhutani Garut, kemarin.

Selama ini, lanjut Bupati jumlah pengunjung dan pendaki ke Gunung Papandayan cukup tinggi. Angkanya meningkat drastis setelah jalan menuju kawasan puncak gunungnya diperbaiki tahun lalu.

Memang Garut yang dikelilingi lima gunung sehingga sebagian besar wilayah Garut adalah daerah pegunungan, kecuali daerah di sekitar pantai yang terletak di selatan Garut. Dengan keadaan geografis seperti itu, secara otomatis Garut memiliki banyak tempat wisata menarik.

Seperti Pantai Santolo di wilayah Cikelet. Daya tarik pantai ini yaitu panoramanya yang indah, keheningan yang ditawarkan, dan fasilitas penunjang wisata yang cukup lengkap. Juga ada Pantai Cijeruk Indah, Pantai Karang Paranje di Cibalong, yang memiliki keunikan dengan gugusan karang di sepanjang pantainya. Pantai seluas kurang lebih 9 hektar ini dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

Selain itu, Pantai Puncak Guha yang menawarkan keindahan panorama pantai dilihat dari atas tebing. Di bawah tebing dapat melihat ratusan kelelawar. Dan ada Pantai Rancabuaya, yang memiliki ombak cukup besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dan batu karangnya yang banyak dan besar. Keunikan lain Pantai Rancabuaya ada air terjun yang langsung menghadap ke lautan.

Air terjun lainnya, Curug Orok di Cikandang. Nama Curug Orok dari cerita rakyat Garut yang mengatakan bahwa dahulu kala ada seorang ibu yang membuang bayinya dari atas air terjun tersebut. Curug Orok memiliki ketinggian sektiar 45 meter dan banyak dikunjungi wisatawan lokal.

Obyek wisata yang menarik di Garut, menanti terbitnya sang fajar di puncak Gunung Papandayan. Seperti halnya di Gunung Bromo, menanti matahari terbit di Gunung Papandayan juga potensial untuk dikemas dalam paket perjalan wisata. Diharapkan, ini menjadi ikon baru wisata Garut.

Juga mengarungi jeram Sungai Cimanuk sepanjang lebih kurang 8 kilometer menuju pusat kota Garut. Pengarungan ini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Juga berendam air hangat di Cipanas Garut.

Garut juga memiliki Candi Cangkuang di wilayah Leles. Candi Cangkuang merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Sunda Galuh. Untuk dapat mencapai Candi Cangkuang, anda harus menaiki rakit untuk menyeberangi danau. (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY