Pantai Gading, Destinasi Wisata Masa Depan Mataram

0
1771

MATARAM, test.test.bisniswisata.co.id: Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NBT), kini tengah merintis pengembangan destinasi wisata pantai baru dengan nama “Pantai Gading”. Destinasi ini memiliki potensi pertumbuhan pariwisata cukup menjanjikan, sekaligus menjadi destinasi masa depan.

Pantai Gading ditawarkan wisatawan seiring pertumbuhan Kota Mataram, sebab kebutuhan masyarakat terhadap pusat-pusat rekreasi semakin meningkat. “Pantai Gading ini merupakan kawasan pantai bagian Selatan Kota Mataram, yang dulunya dikenal dengan Pantai Ketapang,” kata Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Kamis (19/3/2015).

Guna mendukung keberadaan potensi wisata itu, lanjut dia, saat ini pemerintah kota sedang melakukan intervensi terhadap pembangunan sejumlah fasilitas pendukung. Fasilitas itu, pembangunan lapak pedagang kaki lima (PKL), fasilitas toilet, penyediaan “berugak” (rumah singgah suku Sasak), pemasangan penerangan jalan umum, dan pembuatan pedestrian di sepanjang pantai.

“Tidak menutup kemungkinan, Patai Gading ini akan menjadi seperti Pantai Ampenan, sehingga bisa menjadi alternatif bagi masyarakat kota untuk berekreasi,” tuturnya seperti dikutip Antara.

Menurutnya, salah satu kelebihan Pantai Gading ini adalah sepanjang pantainya cukup bersih dan tidak digunakan untuk menambatkan perahu nelayan, karena nelayan menambatkan perahunya di bagian selatan.

Rintisan pembukaan Patai Gading ini diawali oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mataram ketika melakukan kegiatan pelatihan antisipasi penanganan bencana alam beberapa sekitar dua tahun lalu.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan oleh anggota PMI untuk melakukan penanaman pohon ketapang dan cemara pantai untuk mengantisipasi abrasi pantai dan saat ini pohon tersebut sudah tumbuh subur dan menjadi daya tarik dan ciri tersendiri bagi Pantai Gading.

Mohan mengatakan, gaung dari keberadaan Pantai Gading ini relatif cepat, karena warga di sekitar Pantai Gading juga memiliki komitmen dan perhatian yang tinggi terhadap upaya pengembangan pantai tersebut.

“Bahkan saat ini ekonomi masyarakat di Pantai Gading mulai bergerak ke atas karena potensi itu menjadi peluang usaha bagi mereka. Warga menyediakan berbagai hidangan olahan laut yang masih segar,” katanya.***

LEAVE A REPLY