Pangkalpinang Travel Mart diminati kalangan industri wisata

0
683
Tedjo Iskandar ( kiri) didampingi Sansan menjelaskan kepada peserta aturan dalam melakukan table top. ( foto: Hilda Sabri Sulistyo)

PANGKALPINANG, bisniswisa.co.id: Pangkalpinang Travel Mart 2015 menjadi ajang bisnis sekaligus latihan table top bagi industri pariwusata di Bangka dan Belitung sebelum mengikuti kegiatan bertaraf internasional, kata Tedjo Iskandar, pelaku pariwisata yang sukses menyelenggarakan event semacam ini.

“Table top mempertemukan pelaku pariwisata di Babel sebagai seller dengan industri wisata dari berbagai daerah sebagai buyer. Event ini memberikan kesempatan bagi para seller untuk belajar sekaligus praktek ( learning by doing), bagaimana menjaring relasi, membangun jaringan dan menciptakan paket-paket wisata yang lebih kreatif, ujarnya ketika menjadi mentor mengawali table top Pangkalpinang Travel Mart di Bangka, ibukota provibsi Babel yang berlangsung 13-15 Oktober 2015,” tambah Tedjo.

Meski berlangsung dengan sederhana, Tedjo merasa senang dengan antusias peserta dimana mereka bisa belajar negoisasi dan memanfaatkan waktu yang sempit untuk mendapatkan perhatian para buyer untuk menjual paket wisata maupun jasa wisata yang di tawarkan

Sansan  Arya Lukman, Ketua DPD Asita Babel sekaligus penyelenggara meengatakan di event ini para seller selain biro perjalanan wisata (BPW) dan perhotelan juga hadir jasa lainnya seperti penyewaan mobil maupun bis-bis wisata maupun pengusaha suvenir atau oleh-oleh khas Bangka.

Silvi dan Hesti dari Bangka Tradisional Snack (BTS), senang bisa berpartisipasi dalam event ini karena bertemu dengan mitra-mitra dalam satu atap. Pihak perhotelan maupun BPW yang banyak memiliki tamu para wisatawan dalam dan luar negri tinggal mengarahkan tamunya ke BTS karena pihaknya sudah mengemas oleh-oleh krupuk dan kue khas Bangka  dalam paket harga mulai 100.000-600.000/paket.

Peserta Pangkalpinang Travel Mart 2015 tawarkan paket oleh-oleh kerupuk getas khas Bangka dan suvenir lainnya. ( foto: Hilda Sabri Sulistyo)
Peserta Pangkalpinang Travel Mart 2015 tawarkan paket oleh-oleh kerupuk getas khas Bangka dan suvenir lainnya. ( foto: Hilda Sabri Sulistyo)

Seller lainnya, Herry Sulistya, Director of Sales and Marketing Hotel Menumbing Heritage mengaku senang sekali dengan adanya event ini karena dapat memperluas kerjasama dengan mitra-mitra kerja dengan hemat dan praktis dalam memperkenalkan properti barunya.

“Bisa bertemu dengan puluhan buyer dari berbagai kota di Indonesia sangat efektif apalagi juga ada media nasional yang hadir,” kata Herry Sulistya.

Hal yang sama diungkapkan Karmila Santy, Director of Sales & finance PT Sashi Anugrah Raya, salah satu biro perjalanan wisata yang menjual paket wisata ke Belitung. Paket ke pulau-pulau kecil di Belitung seperti P. Lengkuas sangat diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Kami banyak melayani komunitas photografi dari Jakarta dan kota besar lainnya sehingga melalui Pangkalpinang Travel Mart teman-teman dari pulau Jawa dan pulau lainnya bisa bermitra dengan kami untuk wisata petualangan,” kata Karmila.

Edwin Ismedi Himna dari Trend Tour & Travel Jogjakarta  mengatakan event ini penting dalam hal membentuk sinergi antara stakeholders dan pemerintah provinsi Babel karena popularitas Babel akibat menjadi lokasi film Laskar Pelangi harus diikuti upaya untuk memperkuat kerjasama penerintah dan swasta dalam mengembangkan parieisata.

“Turis yang datang ke Bangka lama tinggalnya baru  satu malam sementara di Belitung bisa lebih lama.  Bangka dan Belitung sebenarnya Twin Sister kota yang bersaudara  jadi  bisa dikemas dengan paket wisata diantara ke dua kota apalagi Pangkalpinang  adalah ibukota Bangka,” kata Edwin.

Dia berharap kalangan industri dan kepala dinas pariwisata provinsi bisa bersibergi dengan baik sehingga lama tibggal wisatawan di kawasan Babel bisa lebih lama.Edwin yang juga Ketua Korwil DPP ASITA sepulau Jawa ini mengatakan kontinuitas event ini  dan mindset pemprov untuk mengembangkan Pangkalpinang Travel Mart ke buyer mancanegara akan mempercepat Babel masuk dalam peta destinasi utama internasional. (hildasabri@yahoo.com).

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY