Pangkalpinang Travel Mart 2015 Dorong Kunjungan Wisatawan Ke Babel

0
548

PANGKALPINANG, Bangka, test.test.bisniswisata.co.id: Kalangan industri pariwisata Bangka Belitung di dukung Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang dan tingkat provinsi menggelar Pangkalpinang Travel Mart 2915 dari 13-15 oktober 2015.

“Pangkalpinang Travel Mart merupakan event perdana yang digagas oleh pelaku pariwisata Babel  (Asita dan PHRI) dengan didukung oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, kata Sansan Arya Lukman,Ketua Asita Babel.

Menurut dia , kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah yang mendorong pergerakan wisatawan nusantara di dalam negri sendiri sehingga masyarakat luas merasakan manfaat langsung kunjungan wisatawan dalam dan luar negri sehingga menggerakkan perekonomian daerah.

“Tujuan penyelenggaraan selain untuk  meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara ( turis domestik) ke Kota Pangkalpinang juga untuk memfasilitasi para pelaku wisata di Kota Pangkalpinang bertemu langsung dengan para pembeli wisata dari luar Kota Pangkalpinang.

Sejak Babel terdongkrak namanya menjadi lokasi  Film layar lebar Laskar Pelangi, Asita Babel berupaya memperpanjang lama tinggal wisatawan terutama di kota Pangkalpinang sebagai ibukota provinsi.

Untuk itulah Sansan Arya Lukman berharap kegiatan table top yang mempertemukan kalangan industri wisata Babel sebagai seller dengan para tour operator dari berbagau daerah sebagai buyer diharapkan dapat menciptakan paket-paket wisata yang lebih variatif dan beragam.

“Di Sumatra Barat juga sedang berlangsung Minangkabau Travel Fair namun kami bisa menjaring sedikitnya 30 tour operator dan whole seller dari Jakarta dan kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Bali, Batam ,Palembang, Kaltim dan jogjakarta.

“Konsepnya bussiness to bussiness, dan tujuan utama Pangkalpinang Travel Mart adalah mempromosikan wisata Pangkalpinang agar lebih di kenal dengan cara pengenalan langsung. Peserta juga diberi kesempatan untuk bersentuhan langsung dengan pelaku wisata seperti para ukm di bidang kuliner maupun suvenir,” terangnya.

Melalui event ini kata Sansan berharap buyer memiliki komitmen untuk membantu menjual destinasi wisata Babel. Pangkalpinang Travel Mart menjadi media pertukaran, pengolahan dan penyusunan data berdasarkan kacamata langsung dari pandangan seller maupun buyer yang memasok wisatawan nusantara maupun asing ke Pangkalpinang.

Dengan demikian brand image Pangkalpinang sebagai destinasi wisata domestik terkemuka di Indonesia umumnya ajan meningkat disamping  mmpererat hubungan antara para pelaku usaha pariwisata wisata di Kota Pangkalpinang dengan para pelaku usaha pariwisata dari daerah lain. (hildasab

ri@yahoo.com).