Optimis, Jumlah Turis Asing ke Bali Lampaui Target

0
2717

DENPASAR. test.test.bisniswisata.co.id: Kedatangan turis asing ke Bali selama 2014 diprediksikan melampaui angka 3,5 juta orang. Selama kurun Januari-November saja sudah tercatat 3,4 juta orang. Dan, dalam satu bulan ini diperkirakan turis yang datang lebih dari seratus orang. Demikian, penetapan sasaran kedatangan turis asing sebanyak 3,5 juta orang pada 2015 ke Bali, diyakini terlewati.

Belum diketahui, apakah kenaikan jumlah wisatawan itu, dipengaruhi imbas krisis politik di Thailand yang selama ini merupakan kompetitor regional pada sektor pariwisata, atau berkat promosi yang dilakukan Bali ke mancanegara.

“Pulau Bali masih menjadi pilihan utama wisatawan mancanegara untuk berlibur di Indonesia, dan hal itu tercermin dari jumlah kunjungan turis asing melalui Bandara Ngurah Rai, Denpasar,” kata Pengamat Pariwisata, Tjok Gede Agung di Denpasar.

Apalagi adanya keinginan untuk menetapkan sasaran kedatangan turis asing sebanyak 3,5 juta orang pada 2015 ke Bali, angka itu dinilai terlalu rendah mengingat perkembangan dunia perpelancongan semakin menggembirakan.

Ia mengatakan, Badung, sebagai kabupaten yang menikmati pendapatan asli daerahnya dari dunia pariwisata terbesar, sudah membentuk Badan Promosi Pariwisata daerah (BPPD) tentu akan lebih gencar melakukan kiat-kiat supaya bisa menarik turis asing lebih banyak ke daerah ini.

“Saya menilai adanya keinginan untuk menetapkan sasaran sebanyak 3,5 juta turis asing berlibur ke Bali tahun 2015 relatif rendah, karena selama sebelas bulan pertama 2014 sudah tercatat wisatawan yang datang langsung dari negaranya ke Bali 3,4 juta orang,” kata Tjok Agung seperti dilansir laman Antara, Selasa (23/12/2014).

Apalagi dalam bulan menjelang akhir tahun masyarakat mancanegara yang melakukan perjalanan wisata akan lebih banyak lagi, sehingga dalam kurun waktu sebulan lagi jumlah turis asing ke Bali bias mencapai 3,7 juta orang.

Jumlah turis asing ke Bali saat ini rata-rata 300.000 orang per bulan, dan jika angka ini berlangsung hingga Desember nanti maka jumlah kedatangan turis asing ke Bali bisa mencapai 3,7 orang, tambah Tjok Agung .

Dari jumlah kunjungan turis asing ke Bali dipastikan masyarakat Australia terbanyak yakni 893.873 orang atau 26,15 persen, menyusul turis Tiongkok 539.252 orang dan Malaysia diurutan ke tiga 197.052 orang. ****

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.