Ondel-ondel & Manggar Jadi Ornamen Betawi

0
3551
Monas dan Kesenian Ondel-ondel (Foto: /hello-pet.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan ondel-ondel dan manggar atau bunga kelapa menjadi ornamen Betawi. Pemilihan ornamen Betawi ini sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi dan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 229 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelestarian Kebudayaan Betawi.

“Ornamen Betawi sudah ada, kombinasi ondel-ondel dan manggar,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017).

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta tengah memproses penerbitan Surat Keputusan Gubernur terkait penggunaan ornamen Betawi. SK Gubernur diterbitkan agar seluruh ornamen bangunan atau souvenir di Jakarta berbentuk atau mencantumkan ikon tersebut, ucapnya seperti diunduh laman Kompas.com

Pemprov DKI Jakarta juga mewajibkan seluruh bangunan publik seperti misalnya kantor kelurahan memiliki ornamen dengan ikon Betawi. Kemudian seragam pegawai negeri sipil (PNS) juga akan bernuansa ondel-ondel dan manggar. “Saya kira itu (ondel-ondel dan manggar) yang ciri khas dan kami ingin menjadikan ikon Betawi sesuai dengan kesepakatan dengan Bamus Betawi dan budayawan Betawi,” tambahnya.

Dikatakan, dirinya ingin menciptakan nuansa Betawi yang kental di Jakarta. Sebab, Betawi merupakan pondasi masyarakat Jakarta. Namun, saat ini dia nilai belum ada rasa Betawi ketika masyarakat berkunjung di Jakarta. (*/KMP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.