Nikmati Suasana Malam Kota Bandung, Jokowi Cicipi Tahu Petis

0
55
Presiden Jokowi Cicipki Tahu Petis (Foto: Humas Presiden RI)

BANDUNG, Bisniswisata.co.id: Usai meresmikan Jalan Tol Soreang – Pasir Koja, Senin (4/12/2017), Presiden RI Jokowi menyempatkan diri menikmati suasana malam kota Bandung, dengan mengunjungi pusat perbelanjaan Paris van Java (PvJ) di kawasan Sukajadi, Bandung.

Tiba pukul 20.25 WIB, kehadiran Presiden Jokowi cukup mengejutkan para pengunjung pusat perbelanjaan tersebut. “Eta teh Presiden? Hayuk urang foto (Itu Presiden? Mari kita foto),” ucap salah seorang pengunjung dalam bahasa Sunda. Sambil mengitari pusat perbelanjaan, Presiden menyapa para pengunjung dan juga menerima permintaan swafoto.

Presiden yang mengenakan kemeja putih yang dibalut dengan jaket berwarna coklat dan celana panjang berwarna hitam itu juga sempat membeli sepasang sepatu. Bahkan di Mall terkenal ini, kepala negara sempat mencicipi kuliner Bandung yakni kerupuk banjur dan tahu petis dan minumannya kopi tarik.

Memang berbeda dengan tahu petis yang banyak terdapat di Semarang, di Bandung tahu petis menjadi varian dari kupat tahu. Kupat tahu pada dasarnya merupakan hidangan khas Jawa Barat. Petis sendiri merupakan semacam pasta yang terbuat dari olahan udang, berbahan dasar hampir sama dengan terasi. Namun petis bercita rasa lebih manis dan gurih.

Sepiring kupat tahu petis khas Bandung terdiri dari ketupat atau lontong dengan potongan tahu, timun, dan tentunya saus petis. Tahu hangat dipotong menyamping, dipadukan dengan potongan ketupat. Lalu diguyur kuah petis yang cokelat kehitaman juga kental.

Warna hitam bumbu kupatnya bukan karena kecap, tetapi merupakan warna asli petis tersebut. Terakhir, barulah kupat tahu petis diberi potongan timun segar dan bawang merah goreng. Kuah kupat tahu yang menggugah selera ini juga menggunakan kacang giling. Sehingga pembuatannya sama dengan bumbu kupat tahu biasa, namun ditambahkan petis.

Uniknya, di tengah beragam kuliner Bandung yang pedas, kupat tahu petis ini bertahan dengan rasa manis gurihnya. Jika tidak memesan pedas, maka rasa aslinya akan manis dan gurih.

Meski begitu hidangan ini cukup banyak penggemarnya. Banyak tempat wisata kuliner di Bandung untuk mencicipi makanan satu ini. Antara lain kupat tahu petis Antapani, kupat tahu petis Cendana, juga kupat tahu petis Jalan Lengkong Kecil, Bandung. Satu porsi hidangan tradisional kupat tahu petis bandung ini dijual mulai Rp 10.000.

Selain itu, Jokowi menikmati secangkir kopi di Kota Bandung. Ini menunjukkan jika kepala negara benar-benar pencinta kopi sejati. Buktinya setelah mengunjungi gerai kopi di Jakarta serta mengumpulkan pencinta kopi di Istana Bogor beberap waktu lalu, Jokowi kembali menikmati secangkir kopi di Sejiwa Coffee, Jalan Progo, Kota Bandung.

Memang kunjungan ke kedai kopi ini membuat kaget pengunjung. Apalagi Presiden sempat mengabadikan kunjungannya itu melalui rekaman video. “Saya coba kopi Sejiwa dari Bandung. Kopi enak sekali. Kebetulan ada di Bandung dan saya akan ada Barista yang akan membuat kopi dengan metode penyeduhan V60,” tutur Jokowi sambil merekam pembicaraannya melalui telepon pintar miliknya.

Dalam aksinya di depan kamera ponsel, Presiden ditemani salah satu barista atau peracik kopi dengan menyeduh kopi menggunakan metode V60, yakni membuat kopi dari Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tidak sendirian, Jokowi ngopi ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Pangdam III Siliwangi Mayor Jenderal (TNI) Doni Monardo, Kapolda Jawa Barat Irjen (Pol) Agung Budi.

Seperti ditulis Antara, Presiden bersama rombongan berbincang santai dan diselingi tawa bebas sambil menikmati kopi dari Sejiwa Coffee. Sekitar satu jam lebih Jokowi berada di Sejiwa Coffee tersebut untuk kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta.

Sebelum meninggalkan kedai kopi tersebut, Presiden sempat melayani permintaan swafoto dari para pengunjung dan masyarakat yang setia menunggu di depan gerai kopi. (HMS)

LEAVE A REPLY