Nike Kembangkan Hijab buat Atlet Wanita Muslim

0
707
Atlet-Tenis-Meja-Hijab

EMIRAT ARAB, bisniswisata.co.id: Nike – Label busana olahraga ternama dunia tengah mengembangkan dan akan memproduksi hijab yang ditujukan untuk atlet wanita muslim.

Bertajuk Pro Hijab, penutup kepala itu dibuat dari bahan polyester dengan warna dasar gelap atau netral, dan dijadwalkan rilis pada koleksi Spring 2018.

Kabar itu muncul dan menyebar seperti dilansir CNN, Rabu (08/03/2017). Nike mengungkapkan gagasan pembuatan hijab untuk atlet wanita muslim ini terinspirasi dari banyaknya keluhan dari sejumlah atlet yang mengenakan hijab tradisional saat mereka berkompetisi.

Desain dari hijab yang melekat di kepala dan membuat atlet tetap luwes bergerak ini menjalani proses yang tidak singkat, yakni 13 bulan. Produk final dari proses itu disampaikan akan tersedia di koleksi musim semi 2018 Nike.

Sebagai awalan, hijab produknya ini sudah dikenakan atlet ski es asal Uni Emirat Arab, Zahra Lari. “Saya sangat senang dan sedikit emosional begitu melihat prototipe hijab ini,” ujarnya dalam pernyataan resmi seperti dilansir CNN.

“Saya sudah mencoba banyak hijab berbeda untuk penampilan, beberapa di antaranya cukup baik buat saya. Sekali saya pasang saat meluncur di atas es, saya merasa takjub karena fit dan berasa ringan,” ujarnya menambahkan.

Kabar perilisan produk hijab ini menyusul setelah beberapa pekan sebelumnya Nike sempat dikecam karena iklan kontroversialnya yang dirilis di Timur Tengah.

Di iklan video pendek itu, label busana ini menampilkan sejumlah wanita sukses Arab di bidangnya (didominasi olahraga) dalam menggapai mimpi. Kontroversi yang muncul banyak yang menilai penampilan wanita di sana -yang tidak berhijab- keluar dari norma tradisi dan budaya Arab.

Video tersebut sempat viral dengan jutaan penonton di media sosial, dan debat tentang hijab untuk atlet wanita muslim pun meluas. (*/CNN)

LEAVE A REPLY