Nasi Grombyang, Kuliner Pemalang Bikin Lidah Bergoyang

0
24
Nasi Grombyang Pemalang (Foto: Kompas.com)

PEMALANG, bisniswisata.co.id: Bergoyang identik dengan berjoget, dangdut. Di Pemalang, juga dapat merasakan sensasi lidah bergoyang saat mencoba kuliner khas yang sudah merakyat: nasi grombyang. Diambil dari bahasa Jawa, grombyang diartikan dengan bergoyang. Goyang yang dimaksud pada makanan ini adalah kuahnya menutupi nasinya sehingga membuat isi mangkuk seakan-akan bergoyang.

Nasi grombyang legendaris yang siap memanjakan lidah wisatawan dengan rasa kuahnya yang gurih. Ciri khas penjualnya dengan gentong besar siap menyambut Anda dengan aroma kuah grombyang yang super sedap. Hampir mirip seperti rawon, kuah kaldu grombyang juga berbahan dasar kluwek.

Namun yang membedakan adalah tekstur kuah nasi grombyang tidak sekental rawon. Nasi grombyang satu ini juga disajikan dengan mangkuk kecil yang berisikan nasi, suwiran daging sapi, taburan daun bawang yang disiram kuah kaldu. Kurang lengkap jika tidak menyantap makanan pendampingnya: sate sapi plus krupuk. Juga es teh manis pun menjadi pendamping yang tepat untuk menemani suasana mudik, berlibur yang melintas jalur Pantura.

Satu mangkuk kecil nasi grombyang dibanderol Rp15.000, dan sate sapi Rp5.000 per tusuk. Karena ukurannya yang mini, rata-rata pengunjung memesan langsung dua porsi, lontar Imam, pengelola warung Nasi Grombyang Pak Haji Warso, yang berjualan di Jalan RE Martadinata, Pemalang.

Imam menyampaikan, pada hari biasa, warung Nasi Grombyang Pak Haji Warso dapat menyediakan 50 kg daging sapi. Namun, mulai H-4 Lebaran, kebutuhan daging sapi mencapai 100 kg per hari. “Jelang Lebaran semakin banyak yang mampir makan. Makanya kami bisa sedia sampai 100 kg per hari,” ujar Imam seperti dilansir laman Bisnis, Ahad (10/06/2018).

Pada bulan puasa, warungnya biasa beroperasi mulai pukul 10.00 WIB. Bila pengunjung ramai, jam 20.00 WIB seluruh dagangan sudah ludes disantap. Salah satu keunikan nasi grombyang ialah dimasak dengan kayu dari bonggol jati. Hal ini sudah dilakukan sejak warungnya beroperasi pada tahun 1970-an.

Selain Pak Warso, tercatat ada tiga penjual Nasi Grombyang lainnya, antara lain: Nasi Grombyang Pak Waridin yang berjualan di Jl. Gatot Subroto No.31, Bojongbata, Pemalang, warung nasi Pak Waridini ini menyuguhkan semangkuk Nasi Grombyang lengkap dengan sate kerbau yang memang menjadi pendamping Nasi Grombyang. Warung ini terkenal dengan dagingnya yang empuk dan menggugah selera. Mantap!

Juga ada Nasi Grombyang Pak Toli, Berlokasi di Jl. R.E .Martadinata No.122-166, Pelutan, Pemalang, Nasi Grombyang Pak Toli dikenal dengan bumbu rempahnya yang lebih terasa dengan rasa gurih dan aroma khas yang berasal dari kelapa sangrainya. Menariknya lagi, potongan daging pada semangkuk Nasi Grombyang disini lumayan besar sehingga memuaskan lidah para pengunjungnya.

Dan, Nasi Grombyang SMA 1 Pemalang. Cukup mudah menemukan warung satu ini, patokannya menuju ke SMA 1 Pemalang, lalu kamu akan menemukan warung Nasi Grombyang di seberang SMA 1 Pemalang. Lengkap dengan hidangan satenya, semangkuk Nasi Grombyang disini akan memanjakan lidah dan perut kamu hingga kenyang. (NDY)

LEAVE A REPLY