Museum Peradaban Jawa Bakal Berdiri di Wonosobo

0
2341

WONOSOBO, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, berencana membangun Museum Peradaban Jawa sebagai pusat kajian sejarah Jawa dan tujuan wisata.

“Berdirinya Museum Peradaban Jawa, selain menjadi pusat kajian keilmuan, kami juga meyakini dapat memunculkan efek berantai positif pada pariwisata di Wonosobo,” kata Bupati Wonosobo A. Kholiq Arif di Wonosobo, kemarin.

Ke depan, katanya wisatawan sebelum berkunjung ke Dieng, bisa mengunjungi dulu museum, karena di dalam museum itu akan ditampilkan pula sejarah Dieng yang dulu merupakan poros peradaban dunia.

Prof Kusnin mengaku mendukung penuh konsep Bupati Wonosobo yang menginisiasi pendirian Museum Peradaban Jawa. “Begitu mendengar ide Pak Bupati mengenai rencana membangun museum, saya langsung tergugah dan bersemangat sekali,” katanya seeprti dilansir laman Harianterbit.com, Jumat (24/4/2015).

Menurut dia hal tersebut tidak lepas dari hasil penelitiannya mengenai sejarah peradaban Wonosobo yang dijabarkannya dalam tiga buku, yaitu Dieng The History Of Culture, Islam Kultur Jawa, dan Demokrasi Agriculture. “Dari ketiga buku itu nanti diuraikan secara visual, lengkap dengan dokumen-dokumen pendukung, termasuk naskah dan artikel kuno, di Museum Wonosobo,” katanya.

Pihaknya bahkan siap untuk melengkapi naskah-naskah yang selama ini hanya dimiliki oleh Museum Leiden Belanda. “Nanti kami akan mereplikasi naskah maupun benda-benda kuno yang saat ini masih berada di museum lain, termasuk Leiden Belanda,” katanya.

Bangunan di kompleks bekas pendopo rumah dinas bupati yang saat ini telah berdiri dan tengah dalam renovasi tahap akhir, menurut Kusnin telah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, termasuk luasan dan tata letak ruangannya. “Meskipun dibangun oleh kolonial Belanda, bangunan rumah dinas tidak meninggalkan konsep dan arsitektur Jawa Kuno, termasuk dari sisi kosmiknya,” katanya.

Ia mengatakan kelak semua studi berkaitan peradaban Jawa masa lampau yang dilakukan para peneliti maupun akademisi akan tersedia di Museum Wonosobo. ***

LEAVE A REPLY