Museum James Bond di Alpen Ditawarkan Wisatawan

0
24
Museum James Bond di Pegunungan Alpen (Foto: .washtimes.com/)

AUSTRIA, bisniswisata.co.id: Lokasi syuting yang ikonis sering kali dijadikan tempat wisata bagi penggemar film. Sebut saja rumah Hobbit di Selandia Baru. Pulau bertebing batu Skellig Michael di Irlandia digunakan syuting Star Wars: The Force Awakens serta Star Wars: The Last Jedi.

Begitu juga Bangunan di Pengunungan Alpen, Solden, Austria kini menambah daftar itu. Ia merupakan salah satu lokasi syuting film James Bond, Spectre (2015). Baru-baru ini, lokasi itu dijadikan museum, bernama 007 Elements, dan rencanannya akan dibuka 12 Juli 2018. “Ini lokasi syuting James Bond yang autentik,” kata direktur kreatif Museum 007 Elements, Neal Callow seperti dilansir laman Telegraph,, Kamis (14/06/2018).

Museum baru James Band di kawasan pegunungan itu ditawarkan wisatawan. Neal ingin pengunjung merasa seperti berjalan di dunia James Bond sambil mempelajari bagaimana film itu dibuat dengan cara baru dan modern. “Ini lebih seperti instalasi sinematik ketimbang museum lain yang pernah Anda kunjungi, sambungnya.

Pertama masuk museum, pengunjung disuguhi sebuah layar televisi seperti di sebuah lobi. Di tengah ruangan, ada cakram kaca lingkaran dibuat seperti bara api. Suara Sam Mendes, sutradara Spectre, terdengar menjelaskan museum dan dunia James Bond. Lantas pengunjung diajak memasuki ruangan kedua yang di dindingnya terpasang tiga cermin. Saat pintu ditutup, adegan-adegan Spectre mulai dimainkan.

Selain elemen 007 khas James Bond seperti musik menegangkan, barang-barang mewah serta gawai canggih, pengunjung juga bisa melihat properti dari film. Ada Snooper Dog sang kamera pengintai dari A View to a Kill sampai senjata emas milik sang agen rahasia.

Pengunjung anak-anak bahkan bisa bermain dengan mesin yang menciptakan kartu agen rahasia milik khusus. Nantinya, kartu itu bisa dibeli di toko oleh-oleh di akhir museum.

Museum 007 Elements dibangun 3.048 meter di atas permukaan laut, tepat di bawah lokasi syuting Spectre. Tak jauh dari sana, sudah berdiri lebih dahulu restoran mewah Ice Q yang penuh kaca, di mana Bond memesan martini namun dapat minuman sehatnya. Bond ke sana mengejar Madeleine Swan (Lea Seydoux), namun ada pihak lain mengincar mereka.

Mengunjungi museum ini bisa dicapai dengan kereta gantung yang disebut dengan Gaislachkoglbahn. “Ini merupakan lokasi asli film James Bond. Ini terletak di puncak gunung setinggi 3.000 meter,” ujar Creative Director James Bond Neal Callow.

Callow pernah bekerja sebagai direktur seni pada film Bond berjudul “Quantum of Solace”, “Skyfall”, dan “Spectre.” Callow mengatakan, museum ini mengusung estetika dramatis yang mengajak pengunjung merasakan pengalaman Bond seperti di film. “Bond sendiri sudah menjadi brand yang sangat kuat,” pungkasnya.

James Bond 007, Tokoh fiktif dalam film action ini dikenal sebagai sosok jago laga yang legendaris. Wajahnya yang tampan membuat banyak perempuan kepincut padanya. Tak heran, bila Bond juga dikenal sebagai seorang hero yang flamboyan. Film-film James Bond dikenal dengan latar aksi yang memukau, dari keindahan alam Canada dalam film pembuka tahun 1977 berjudul “The Spy Who Loved Me” hingga warna warni latar kota Mexico pada tahun 2015 dalam judul “Spectre.”

Agen 007 asal Inggris merupakan karakter fiksi yang diciptakan tahun 1953 oleh penulis Inggris bernama Ian Fleming, yang kemudian muncul dalam dua belas novel dan dua koleksi cerita pendek versi original. Karakter ini kemudian digunakan dalam waralaba media film terlaris dan tersukses di seluruh dunia sampai saat ini, dimulai tahun 1962 dalam Dr. No.

Setelah Fleming wafat tahun 1964, penulisan novel James Bond dilanjutkan Kingsley Amis (sebagai Robert Markham), John Pearson, John Gardner, Raymond Benson, Sebastian Faulks, Jeffery Deaver, William Boyd dan Anthony Horowitz. Selain itu, Christopher Wood menovelisasi dua film menjadi novel, Charlie Higson menulis cerita tentang Young James Bond, dan beberapa penulis lain mendapat kepercayaan untuk mengembangkan cerita James Bond non-resmi.

Ada 24 film yang dirilis dan termasuk dalam seri produksi “resmi” EON Productions, yang terakhir dan terbaru sampai saat ini adalah Spectre yang dirilis tanggal 26 Oktober 2015. Selain versi EON, pihak produser lain juga mencoba mengembangkan cerita James Bond dalam beberapa variasi, yaitu dalam sandiwara radio, komik, dan permainan video. (DAY)

LEAVE A REPLY