Museum Islam Nusantara di Jombang Telan Rp30 M

0
2141

JOMBANG, test.test.bisniswisata.co.id: KEMENTRIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah membangun Museum Islam Nusantara dengan anggaran sebesar Rp 30 miliar. Museum tersebut dibangun di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Targetnya, pada Agustus 2016 museum itu telah diresmikan.

Pemerintah menetapkan Kabupaten Jombang menjadi lokasi Museum Islam Nusantara untuk menghormati para ulama yang berjasa dalam berjuang bagi kemerdekaan RI. Banyak ulama pejuang kemerdekaan RI lahir di Jombang dan ada sejumlah makam pahlawan nasional di sana, seperti makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahab Hasbullah.

“Tak lama, Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) juga akan ditetapkan menjadi pahlawan nasional. Hal itu yang menjadi pertimbangan utama mengapa Museum Islam Nusantara itu didirikan di Jombang. Banyak ulama terdahulu di Jombang yang pemikirannya cukup modern,” kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan seperti dilansir laman KOmpas.com, Rabu (27/05/2015).

Menurut Kacung yang juga guru besar Ilmu Politik Unair itu, Museum Islam Nusantara tersebut akan diresmikan pada Agustus 2016. “Pada Muktamar NU ke 33 nanti, akan diupayakan gedungnya sudah bisa diresmikan. Karena bangunannya Juli sudah selesai. Sekarang masih terus dikerjakan. Yang jelas tahun depan sudah rampung,” katanya.

Anggaran pembangunan museum itu, kata Kacung, berasal dari APBN yaitu sebesar Rp 30 miliar. Lahannya milik Pemerintah Kabupaten Jombang. “Lahannya cukup luas. Saya lupa berapa ukuran luas lahannya,” kata Kacung.

“Isi museum itu nantinya adalah benda-benda bersejarah soal perkembangan Islam di Nusantara, buku-buku, kitab pemikiran para ulama dan benda-benda lainnya. Museum itu nantinya akan menjadi rujukan dan referensi Islam Nusantara,” kata Kacung. @@@

LEAVE A REPLY