Mudik Lebaran, Obyek Wisata Magelang Bukan Cuma Borobudur

0
205
Borobudur dibanjiri wisatawan domestik (Foto: Kabar Magelang)

MAGELANG, Bisniswisata.co.id: Mudik Lebaran memang asyik untuk berwisata, pasca silahturahmi dengan orang tua, saudara, kerabat hingga sahabat. Saat mudik Lebaran ke Jawa Tengah, utamanya Kota Magelang sempatkan mampir ke obyek wisata yang tak kalah menarik dengan kota lainnya.

Magelang memang kota kecil. Letaknya sangat strategis karena menjadi jalan utama arah Jogja – Semarang. Meskipun Magelang kotanya tidak cukup luas, namun objek wisata Magelang cukup komplit. Tercata ada lebih dari65 obyek wisata di Magelang. Karena itu tidak heran lagi kalau banyak wisatawan baik mancanegara maupun domestik yang berkunjung ke kota ini.

Magelang termasuk kabupaten dan kota yang memiliki peninggalan tujuh keajaiban dunia, sehingga sampai saat ini Magelang semakin terkenal baik di Indonesia hingga ke penjuru dunia. Selain itu, getuk trio juga merupakan wisata kuliner Magelang khas yang menusantara.

Di Magelang juga ada berbagai situs yang merupakan peninggalan sejarah. Memang Magelang identik dengan Candi Borobudur. Karena itu, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (PT TWC) siap menyambut wisatawan saat mudik Lebaran. Spesial Lebaran, ditargetkan jumlah pengunjung Candi Borobudur selama libur Lebaran 2017 sebanyak 316.792 orang.

“Target jumlah pengunjung selama masa libur Lebaran tersebut naik sekitar delapan persen dari tahun lalu,” kata General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Chrisnamurti Adiningrum di Magelang, Rabu (21/6/2017).

PT TWC menetapkan masa ramai libur Lebaran 2017 selama 11 hari, terhitung sejak 22 Juni hingga 2 Juli 2017. PT TWC melakukan berbagai persiapan dalam menyambut masa libur Lebaran 1438 Hijriah. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa pariwisata, tentu saja harus mampu memberikan pelayanan prima kapada wisatawan yang berkunjung.

Selama masa ramai Lebaran 2017, TWCB didukung Departeman Marketing PT TWC menyediakan beberapa atraksi seni dan budaya seperti bergodo, punokawan,dan juga spot foto payung berlatar belakang Candi Borobudur serta spot foto lainnya.

Selain itu, ada ragam wahana wisata menarik lainnya seperti kereta taman, andong wisata, kuda tunggang, sepeda wisata, paket wisata dengan mobil VW, dapur foto tempo dulu, dan jemparingan.

“Wahana wisata tersebut cukup terjangkau oleh masyarakat, misalnya foto tempo dulu dengan mengenakan busana Jawa hanya membacar Rp50 ribu per orang dan paket VW tilik desa dari Candi Borobudur ke ke Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo hanya Rp200 ribu per unit mobil.

Magelang bukan hanya borobudur. Ada 65 destinasi wisata lainnya yang menghiasi Kota Magelang. Namun dari jumlah itu ada sekitar 10 destinasi wisata yang hits. Dengan kata lain kerap dikunjungi wisatawan.

01. Punthuk Setumbu

Untuk Anda yang termasuk pemburu pemandangan matahari terbit, Punthuk Setumbu adalah tempat yang wajib Anda datangi ketika datang ke Magelang. Bukit dengan tinggi 400 mdpl dan terletak di barat daya Candi Borobudur ini akan menyajikan pemandangan pagi hari yang mempesona. Yang paling menarik di tempat wisata di Dusun Kerahan, Karangrejo ini tentu saja momen matahari terbit dari atas bukitnya. Berselimut kabut, pemandangan ini cocok dengan perjalanan pagi Anda.

02. Grojogan Kedung Kayang

Grojogan artinya air terjun, Grojogan Kedung Kayang berarti Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun ini terletak di Desa Wonolelo, Sawangan, yang berbatasan langsung dengan Desa Klakah, Selo, Boyolali. Untuk bisa melihatnya secara langsung, Anda harus melewati jalan setapak di antara lembah. Nah, saat musim panas, aliran sungai di sana sangat jernih dan dingin. Cocok untuk menghilangkan hawa panas setelah menjelajahi lereng Merapi.

03. Curug Silawe

Letak curug ini ada di kaki Gunung Sumbing sebelah selatan atau di Dusun Kopeng Kulon, Sutopati, Kabupaten Kajoran. Walau jalanan ke sana masih kurang bersahabat, tapi apa yang akan Anda dapatkan ketika sampai di curug ini sangat memuaskan. Untuk bisa pergi ke curug ini, Anda bisa menempuh perjalanan melalui jalan raya Purworejo – Magelang, kemudian belok di pertigaan Krasak. Siapkan fisik yang kuat untuk menempuk medan yang cukup melelahkan.

04. Gunung Andong

Bukan hanya Gunung Merapi yang terkenal di Magelang, ternyata ada juga Gunung Andong yang disebut-sebut ramah untuk Anda yang seorang pendaki pemula. Gunung ini memiliki tinggi 1.726 mdpl, mudah dan hanya butuh 1,5 jam untuk bisa sampai di puncaknya. Perjalanan singkat tersebut tentu akan terbayar dengan pemandangan indah dari atas puncaknya. Segera masukkan ke dalam list ya!

05. Air Terjun Sekar Langit

Setelah lelah dari Gunung Andong, Anda bisa beristirahat atau menyegarkan diri di Air Terjun Sekar Langit ini. Letaknya memang ada di kaki gunung tersebut atau di Kecamatan Grabag, Magelang. Suasana yang masih sangat alami akan Anda dapatkan di sini. Konon, ini adalah tempat di mana Jaka Tarub mengintip para bidadari yang sedang membersihkan diri.

06. Pemandian Candi Umbul

Jika sudah puas bermain air, waktunya relaksasi dengan mandi air panas. Di Pemandian Candi Umbul ini Anda tidak perlu bayar mahal untuk bisa menikmati air panasnya. Harga yang sangat lokal akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat wisata yang ternyata bisa digolongkan sebagai situs purbakala ini. Yup, situs ini diperkirakan sudah ada sejak jaman Wangsa Syailendra. Sembari berendam, Anda bisa menikmati pemandangan yang menenangkan.

07. Kali Progo

Kali artinya sungai dalam bahasa Indonesia. Di Kali Progo atau Sungai Progo ini Anda bisa bermain arung jeram. Jika ingin memacu adrenalin lebih, Anda bisa memilih Kali Progo karena ternyata kali ini memiliki grade yang cukup tinggi untuk arung jeram. Selama 2 jam, Anda akan melintasi sungai yang penuh dengan pemandangan elok di kanan dan kirinya.

08. Rumah Kamera

Magelang punya bangunan yang bentuknya mirip dengan kamera DSLR, lho. Letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur dan ternyata bangunan ini adalah sebuah galeri lukisan karya Tanggol Angien Jatikusumo. Galeri ini memiliki empat lantai dengan keunikan masing-masing yang harus Anda jelajah. Nah, kalau sudah tuntas, Anda bisa berfoto di depan untuk mengabadikan momen unik ini.

09. Desa Wisata Candirejo

Tidak pas jika berkunjung ke Jawa Tengah tapi tidak merasakan hangat masyarakatnya. Nah, di Magelang ada Desa Wisata Candirejo yang menyuguhkan senyum paling ramah dari penduduknya. Apalagi jika Anda beruntung, Anda juga bisa menyaksikan tradisi khas seperti Nyadran, Sedekah Bumi dan Wayangan, dan lain-lain. Di sana juga ada industri rumahan untuk kerajinan pandan dan bambu.

10. Alun-alun Kota Magelang

Menikmati sebuah kota tanpa datang ke alun-alunnya tentu akan terasa kurang. Begitu juga jika Anda pergi ke Magelang, nikmatilah suasana malam hari kota ini di alun-alun. Anda bisa berbelanja, menikmati bangunan-bangunan tua dan juga jalan-jalan sambil jajan makanan khas. Ada kupat tahu dan sop serenek yang wajib Anda coba. Alun-alun Magelang cocok untuk menutup perjalanan Anda.

Nah, itu dia 10 tempat selain Candi Borobudur yang wajib Anda datangi jika mampir ke Magelang. Tidak sah rasanya jika tidak menikmati keseluruhan Magelang hanya dari Candi Borobudur, jelajahilah lebih jauh dan dapatkan pengalaman dan pesona wisata yang menakjubkan. Selamat Mudik Lebaran. (BBS)

LEAVE A REPLY